Catat..! PANRB Bakal Buka Banyak Lowongan CPNS 2024, Ini Formasinya!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), akan membuka formatur baru untuk lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk PNS dan PPPK tahun depan.

Abdullah Azwar Anas, Menteri PANRB, mengungkapkan, pihaknya masih akan fokus untuk menyelesaikan persoalan non-ASN, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Meski demikian, Pemerintah ada kemungkinan untuk merekrut talenta-talenta baru.

“Kami tadi melaporkan perlunya fresh graduate yang lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji dalam minggu ini untuk didalami. Kami minta didalami berapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut,” ujar Menteri PANRB, dalam keterangan resmi, Rabu (13/12/23).

Ia menjelaskan, kebijakan pemenuhan formasi ASN di tahun depan, juga masih fokus pada pemenuhan kebutuhan ASN pada guru dan tenaga kesehatan, khususnya di daerah 3T.

Ia menambahkan, proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024, akan diperuntukkan bagi instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan.

“Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T, agar bisa diakomodir menjadi PPPK,” lanjutnya.

Anas membeberkan, rekrutmen CASN tahun 2024 akan menyasar sebanyak 1,6 juta honorer yang masih perlu diakomodasi.

Ia berharap, Kebijakan rekrutmen CASN tahun 2024 dapat mengurangi jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital, karena rekrutmen CASN tahun 2024 akan mengutamakan talenta-talenta digital.

“Arah rekrutmen ASN talenta digital ini, untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi,” tandasnya.

Diketahui, Aba Subagja, Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, telah menyampaikan, berapa banyak formasi yang akan dibuka pada rekrutmen CASN tahun 2024.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” ucapnya dalam keterangan resmi.

Ia menyatakan, selain sisa formasi, Kementerian PANRB juga menjadikan jumlah ASN yang pensiun pada tahun depan dan kebutuhan riil di lapangan, sebagai pertimbangan jumlah formasi yang akan dibuka di rekrutmen CASN pada tahun 2024 mendatang.

Komentar