Ditantang Untuk Memperkuat Alutsista Negara Demi Memenangkan Tantangan Globalisasi, Jenderal Andika Perkasa Harus Buktikan Itu

  • Whatsapp
(Dok.Puspen TNI)

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pengamat Keamanan dan Terorisme dari Universitas Indonesia (UI), Ridlwan, mengatakan, banyak pekerjaan yang mesti dilakukan cepat oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk perbaikan Indonesia. Punya waktu 13 bulan, Ia dituntut untuk melakukan beberapa langkah cepat yang strategis. Tak hanya menanggulangi pandemi Covid-19 dan konflik Amerika-China, Panglima TNI juga diminta menyejahterakan Prajurit.

“Kita tahu kepemimpinan Pak Hadi (Marsekal TNI Hadi Tjahjanto) juga sudah sangat baik. Tetapi setidaknya, Saya kira yang mendesak itu ada tiga hal,” ujar Ridlwan, Senin (22/11).

BACA JUGA :

Yang pertama, sambung Ridlwan, yakni membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang telah memasuki dua tahun. TNI sebagai garda terdepan wajib membantu Pemerintah menyalurkan Vaksin ke beberapa pulau terpencil.

“Pengiriman bantuan ke pulau-pulau terpencil itu adalah domain yang bisa dilakukan oleh TNI lewat matra AU-nya,” sambungnya.

Selain itu, Jenderal Andika ditantang untuk memperkuat Alutsista Negara demi memenangkan tantangan Globalisasi, gerbong pertahanan AUKUS, serta sistem Pertahanan Negara di Laut China Selatan akibat konflik Amerika dan China. Semua itu merupakan tantangan Geopolitik untuk Panglima TNI yang baru.

“Beliau pernah menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, sehingga Media Relation dengan Media dan Wartawan sangat baik. Beliau pernah menjadi Komandan Paspampres, pernah menjadi Panglima Kodam, dan pernah menjadi Pangkostrad,” ungkapnya.

Dengan pengalaman penugasan yang sangat lengkap dan variatif ini, Ia yakin Jenderal Andika dapat membuktikan memiliki kemampuan. Terlebih, ia juga lulusan magister S2 dari George Washington University, sehingga kemampuan Kognitif akan terlihat sangat bagus dan memahami norma-norma penghormatan Hak Asasi Manusia.

Yang terakhir, soal kesejahteraan Prajurit dan perbaikan di Internal Mabes TNI. Kemampuan ini pun tak perlu diragukan lagi. Sebab, saat menjadi KSAD, Jenderal Andika memiliki perhatian lebih kepada Prajurit TNI Angkatan Darat.

Dengan jabatannya sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika bisa mengawasi kesejahteraan Prajurit di Matra lainnya. “Ini saya kira penting dan semoga Jenderal Andika bisa mengemban tugasnya dengan baik selama 13 bulan,” pungkasnya

Pos terkait