Hindari Public Distrust, Mahfud Minta Dewas KPK Tegas ke Lili Pintauli, Soal Laporan AS

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD Dewan Pengawas KPK menunjukkan sikap tegas dalam kasus pelanggaran etik yang menyeret salah satu Wakil Ketua Lili Pintauli Siregar.

Pernyataan Mahfud merespons laporan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia yang dirilis Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), terutama terkait kinerja lembaga antirasuah. Laporan itu turut menyorot pelanggaran etik Lili yang hanya diberikan sanksi tergolong ringan.

Bacaan Lainnya

“Dewas harus menunjukkan sikap tegas kepada publik,” kata Mahfud dalam keterangannya, Minggu (17/4).

Mahfud menilai KPK harus bijak menyikapi kasus dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Lili. Terlebih kasus tersebut juga disorot oleh AS.

Dia meminta KPK agar tak pandang bulu dan menutup-nutupi pelanggaran etik yang dilakukan Lili. Ia tak ingin kasus tersebut menimbulkan ketidakpercayaan di tengah publik terhadap kinerja KPK.

“Kalau Lili Pintauli salah harus dijatuhi sanksi, tapi kalau benar dia harus dibela,” kata Mahfud.

Mahfud menyebut hasil survei telah menunjukkan kinerja KPK kian membaik. Ibarat lukisan, kata Mahfud, jangan sampai ternodai oleh tetesan cat yang tak perlu.

“Jangan sampai terjadi public distrust tapi juga jangan sampai terjadi demoralisasi dan ketidaknyamanan di internal KPK,” ucap mantan Ketua MK tersebut.

Pos terkait