IPS: Pilpres 2024 Tidak Akan Sama Seperti 2019, Ini Alasannya

Pemilu 2024 (Foto: Antara)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad menyebut Pilpres 2024 tidak akan sama seperti pada 2019.Nyarwi juga menduga pertemuan Golkar, PPP, dan PAN mengindikasikan bursa calon presiden akan diramaikan 3 sampai 4 koalisi.

Ia juga melihat Golkar, PAN dan PPP dapat berkembang menjadi satu episentrum koalisi parpol yang solid untuk ikut dalam Pilpres 2024.

Bacaan Lainnya

“Pimpinan Golkar jelas ingin menunjukkan partainya adalah salah satu kelompok penting yang dapat bermain untuk memenangkan Pilpres 2024,” ujar Nyarwi dilansir dari rekan media, Minggu (16/5).

Menurut Nyarwi, setidaknya ada tiga partai lain yang dapat menjadi episentrum atau poros koalisi, yakni Nasdem, PDIP dan Gerindra.

“Nasdem tampaknya akan membangun episentrum koalisi sendiri jika melihat kondisi saat ini,” tuturnya.

Selain itu, menurutnya, PDIP dan Gerindra juga sudah memantapkan diri untuk melanggeng ke arena pertarungan Pilpres 2024.

“PDIP-Gerindra dan Partai Nasdem bisa saja menjadi episentrum koalisi jika memiliki kesepakatan dalam menentukan formasi pasangan capres dan cawapres,” katanya.

Selain itu, Nyarwi juga melihat perbedaan di Pilpres 2024 disebabkan oleh peran pemimpin parpol dalam proses kandidasi yang telah menguat.

“2024 akan berbeda, tidak seperti 2019 di mana pimpinan partai tampak kurang berdaya di tengah tekanan para relawan,” tandas Nyarwi.

Pos terkait