Kerap Berakasi Disekitar Monas, Polisi Bakal Tindak Tegas Pelaku Balap Liar

  • Whatsapp
ilustrasi balap liar

JurnalPatroliNews-Jakarta,– Polisi bakal menindak tegas para pelaku balap liar yang kerap beraksi di kawasan Medan Merdeka atau area sekitar Monas. Pasalnya, keberadaan balapan liar antar-pengguna sepeda motor ini sangat mengganggu dan membahayakan.

Kapolsektro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan, pihaknya tak segan membubarkan dan meminta mereka ‘angkat kaki’ jika melakukan kebut-kebutan di kawasan Medan Merdeka.

Bacaan Lainnya

“Kami dari tiga pilar, Polri dan TNI dan satpol PP meminta mereka untuk bubar. Termasuk meminta warga yang nongkrong-nongkrong untuk bubar,” kata Budiyarta kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Budi meminta para pengendara motor tak menjadikan kawasan Monas sebagai arena ‘balap liar’. Menurut Budi, jika ingin melakukan kebut-kebutan, bisa dilakukan di sirkuit arena balap.

“Jangan di jalan Raya karena ini bisa menggangu kenyamanan warga. Kalau nekat melakukan aksi kebut kebutan, bakal kami tindak,” jelas Budi.

Dia menuturkan, mayoritas komunitas motor yang kerap kebut-kebutan di Monas adalah warga luar Gambir.

“Kebanyakan mereka dari seluruh Jakarta atau luar Jakarta. Datang ke Monas hanya untuk nongkrong bahkan kebutan. Kami bubarkan karena ini PSBB dan ganggu keamanan,” jelas Budi.

Salah satu antisipasinya adalah menutup ruas Jalan Medan Merdeka Utara agar warga tak melintas di sana.

“Kalau situasi ramai, kami tutup di tikungan samping Pertamina (Medan Merdeka Utara),” ujar Budiyarta.

Budi menjelaskan, patroli kewilayahan melibatkan puluhan personel yang dilakukan bersama dengan aparat TNI dengan terlebih dahulu diawali apel bersama Cipta Kondusif di Markas Polres Jakarta Pusat.Balap liar itu tidak hanya berbahaya bagi pelaku tetapi juga pengguna jalan umum yang melintas di sekitar kawasan itu.

Patroli di sekitar kawasan Monas merupakan salah satu titik fokus aparat kepolisian sebagai bagian Operasi Skala Besar Cipta Kondusif Polri di Polda Metro Jaya. Sementara itu, patroli kewilayahan juga menyebar di sejumlah titik di Jakarta untuk mengantisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat dan menciptakan situasi aman.
(lk/*)

Pos terkait