Letjen Herindra Dikabarkan Jadi Wamenhan Pengganti Sakti Wahyu Trenggono

JurnalPatroliNews, Jakarta – Reshuffle Kabinet Indonesia Maju kabarnya tak akan berhenti di rotasi 6 menteri. Posisi wamen yang ditinggal penghuninya juga akan diisi, bahkan akan ada penambahan kursi pendamping menteri.

Salah satu yang dikabarkan akan menjadi Wamenhan adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra. Kasum TNI itu disebut akan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang telah ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Isunya sih begitu,” kata Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Menurut Tamliha, Kementerian Pertahanan merupakan pos yang cukup strategis di dalam kabinet menteri. Oleh sebab itu, kata Tamliha, sosok Letjen Herindra dinilai cocok menjadi Wamenhan.

“Jabatan Menteri Pertahanan adalah posisi yang strategis di dalam kabinet siapapun presidennya, sehingga sangat dibutuhkan seorang Wakil Menteri. Bagi saya, Letjen TNI Muhammad Herindra yang sekarang menjabat Kasum Mabes TNI adalah sosok yang ideal untuk posisi tersebut,” ujar Tamliha.

Tamliha menjelaskan sejumlah jabatan strategis pernah diemban Letjen Herindra. Selain itu, Letjen Herindra juga pernah memperoleh penghargaan mentereng dalam bidang pendidikan militer.

“Saya mengenal beliau sejak menjabat Danrem 101/Antasari Banjarmasin di dapil saya Kalimantan Selatan dan menjadi mitra saya sejak Pak Herindra menjadi Wadan Kopassus, Komandan Kopassus, Pangdam Siliwangi dan Irjen di Mabes TNI. Jangan lupa, dia juga lulusan Adhi Makayasa di angkatannya,” imbuhnya.
Sebelumnya, jabatan Wamenhan kosong pasca ditinggal Sakti Wahyu Trenggono yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Posisi pendamping Menhan Prabowo Subianto belum ditentukan hingga kini.

“Beliau Wakil Menteri Pertahanan akan diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Jokowi saat pengumuman, Selasa (22/12).

(dtk)

Komentar