Mengkhawatirkan, Napi Positif COVID-19 di Lapas Sukamiskin Jadi 60 Orang Termasuk Zumi Zola

  • Whatsapp
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat./Net

JurnalPatroliNews, Bandung – Beredar data terdapat 73 napi di Lapas Sukamiskin yang positif COVID-19 . Namun data tersebut dibantah Kepala Lapas Sukamiskin , Asep Sutandar. Dia mengatakan bahwa jumlahnya tak sebanyak itu. “Tidak sampai segitu,” katanya saat dihubungi, Minggu (14/2/2021).

Asep mengatakan, ada tambahan sembilan orang yang positif COVID-19 dari awal pekan lalu. Sehingga saat ini terdapat 60 orang yang positif COVID-19 . “Yang masuk awal 51 orang. Seminggu kemudian tambah sembilan orang,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Data kasus COVID-19 , menurutnya terus mengalami perubahan. Pasalnya saat dites awal ada yang positif COVID-19 tapi saat tes ulang menjadi negatif. Begitu pula sebaliknya. “Data yang masuk berubah karena yang tadinya positif di tes ulang negatif. Demikian sebaliknya yang tadinya negatif di antigen positif,” ujarnya.

Terkait hal ini pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Bandung, dan PMI Kota Bandung. Menurutnya swab masal yang dilakukan merupakan bagian dari langkah pencegahan.

“Warga binaan pemasyarakatan di kami rata-rata usia di atas 50 tahun. Jelas yang memiliki penyakit penyerta harus dirawat agar ditangani maksimal. Untuk yang orang tanpa gejala (OTG) isolasi mandiri dengan pengawasan dokter dan Satgas COVID-19 ,” pungkasnya.

(sdn)

Pos terkait