Pemilu Sukses dan 10 Tugas Berjalan Baik, Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Gubernur Velix Wanggai

JurnalPatroliNews – Jakarta – Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri) menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja, pelayanan dan kepemimpinan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai,S.IP,MPA.

Apresiasi itu disampaikan Inspektur II Itjen Kementerian Dalam Negeri, Dr. Ucok Abdulrauf Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE disela-sela rapat evaluasi dan capaian kinerja Triwulan II Penjabat (PJ) Gubernur Papua Pegunungan,Selasa 14 Mei 2025 di Kantor Kementerian Dalam Negeri.

Kinerja Gubernur Wanggai dinilai positif dan berhasil. Salah satunya mampu memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Provinsi Papua Pegunungan dengan aman, damai dan sukses.

“Apresiasi kepada Pj Gubernur Papua Pegunungan dan jajaran yang telah bekerja dengan baik. Mensukseskan Pemilu dan Pilpres aman, damai dan sukses. Papua Pegunungan termasuk dalam daerah rawan Pemilu namun pendekatan yang dibangun pak Gubernur, akhirnya agenda tersebut berjalan baik,”ungkap Inspektur II Abdulrauf.

Kemendagri berharap Gubernur Wanggai dapat mensukseskan program-program prioritas lainnya yakni penanganan masalah stunting, kemiskinan ekstream dan masalah inflasi.

Ditempat yang sama, Pj Gubernur Dr. Velix Vernando Wanggai menjelaskan capaian kinerja 10 indikator prioritas Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan Triwulan II terhitung mulai 29 Februari hingga 14 Mei 2024, antara lain kondisi kontekstual Provinsi Papua Pegunungan yakni Proses pelaksanaan Pemilu 2024, masa pencoblosan 14 Februari 2024, masa perhitungan dan masa penetapan Pemilu berjalan aman, kondusif dan tidak menimbulkan konflik sosial skala luas.

Kemudian penguatan pendekatan sosial ke Gereja melalui Peringatan HUT Pekabaran Injil ke 70 tahun tanggal 20 April 2024 melalui Peraturan Gubernur bahwa setiap 20 April ditetapkan sebagai Hari Libur Fakultatif di Papua Pegunungan;

Selanjutnya sistem Logistik dan Konektivitas sebagai tulang punggung utama percepatan pembangunan Papua Pegunungan; Afirmasi pembiayaan untuk menurunkan tingkat kemahalan serta memperluas jaringan komunikasi dan konektivitas digital.

Sedangkan capaian 10 program prioritas, Gubernur Velix menjelaskan bahwa berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Papua Pegunungan untuk mengatasi masalah Inflasi,Stunting, BUMD, Layanan Publik, Pengangguran, Kemiskinan Ekstrim, Kesehatan, Penyerapan Anggaran, Kegiatan Unggulan, Perizinan, Kesehatan, Stunting, Pelayanan Publik, Kemiskinan Ekstrem, Inflasi, Penyerapan Anggaran, Perizinan, Kegiatan Unggulan, dan Pengangguran.

Komentar