Satgas Yonif 133/YS Bersama Muspika Badau Peringati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di Perbatasan

JurnalPatroliNews, Kalbar – Peringatan detik-detik Proklamasi dan perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia juga dilaksanakan personel Satgas Yonif 133/YS bersama unsur Muspika Kecamatan Badau di wilayah perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (17/8/20).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan upacara bendera yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Badau ini dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat, termasuk membatasi jumlah peserta upacara.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dalam keterangan tertulisnya dari Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, sore tadi.

Letkol Hendra menjelaskan, peringatan detik-detik proklamasi dan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan RI-Malaysia juga berlangsung dengan khidmat dan sakral.

“Kondisi yang terjadi dan momen-momen seperti ini merupakan bentuk bukti nyata bahwa masyarakat di perbatasan juga memiliki jiwa nasionalisme yang kuat terhadap NKRI,” terang Letkol Hendra.

Dengan diadakannya upacara bendera peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini, lanjut Hendra, maka akan menimbulkan rasa cinta dan rasa bangga terhadap tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jadi, walaupun secara geografis masyarakat Badau berbatasan dengan negara tetangga, Malaysia, namun hati dan jiwa mereka tetap Merah-Putih,” ungkap Hendra.

Abituren Akmil 2002 ini juga mengapresiasi semangat masyarakat di wilayah perbatasan yang tetap antusias mengikuti peringatan detik-detik proklamasi dan upacara pengibaran bendera, meski dalam situasi pendemi Covid-19.

“Sebagai penjaga pertahanan negara, pembinaan nasionalisme melalui upacara merupakan hal yang harus dilakukan TNI agar masyarakat turut serta dalam pemberdayaan wilayah pertahanan NKRI, sehingga tercipta Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera,” pungkas Hendra.

Turut hadir dalam acara, antara lain Koramil 04/Badau, Kapolsek Badau, Camat Badau, Sektetaris Camat Badau, Kepala Bea Cukai, dan Imigrasi serta Karantina PLBN Badau.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letda Inf Eka Lindung Waruwu yang merupakan Danpos Gabungan Bersama TNI dan TDM Lubok Antu. ([email protected])

Pos terkait