Siapapun Wajib Swab Test Sebelum Bertemu Presiden Jokowi

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Pihak Istana Kepresidenan mewajibkan siapapun yang akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk melakukan uji usap atau swab test lebih dahulu sebagai protokol pencegahan Covid-19.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan meski telah melakukan uji usap, tamu atau siapapun yang akan bertemu Presiden Indonesia juga akan menjalani rapid test.

“Walaupun sudah dilakukan swab, pada hari H kami akan lakukan rapid test,” kata Heru di Kompleks Istana kepresidenan, Jakarta pada Senin.

Protokol kesehatan juga diterapkan pada sarana dan prasarana di lingkungan Istana, misalnya dengan menjaga jarak antarkursi, serta antara kursi tamu dengan kursi Presiden sejauh kurang lebih 2-2,5 meter.

Di meja oval tempat Presiden biasa menerima tamu pun akan ditambahkan pembatas berupa kaca akrilik.

“Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh Bapak Presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga Bapak Presiden walaupun berhadapan tetap ada batas,” kata dia.

Heru menjelaskan bahwa ruangan-ruangan di lingkungan Istana juga secara rutin dibuka jendelanya sehingga sirkulasi udara lancar dan tetap segar.

“Selain itu, tetap menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan tetap masuk ke tabung disinfektan sehingga semuanya terjamin protokol kesehatan di Istana,” pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes usap pada Sabtu pekan lalu.

Pada hari Kamis sebelumnya, Achmad Purnomo sempat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Selain itu, Gubernur Kepulauan Riau Isdianto juga dinyatakan positif Covid-19.

Isdianto sebelumnya dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Namun pihak Istana Kepresidenan memastikan Isdianto telah menjalani raid test di dan dinyatakan negatif sebelum hadir di Istana Negara, Jakarta.

Komentar