Terpaksa Cari Jalan Tikus! PPKM Level 4 Belum Berakhir, Kawasan Puncak Sudah Macet

JurnalPatroliNews – Bogor,– Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor kembali dipadati wisatawan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 pada Ahad, 15 Agustus 2021.

Kemacetan pun terjadi di jalur menuju kawasan tersebut. Polisi kemudian memberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kemacetan.

“Waktunya situasional,” kata Kepala Satlantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Dicky Pranata. Ahad, 15 Agustus 2021.

Kepadatan seperti ini pada masa PPKM sebelumnya jarang terjadi. Penyekatan yang ketat menuju kawasan Puncak, menyebabkan masyarakat banyak mengurungkan niatnya ke Puncak.

Namun pada masa perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah memberi kelonggaran dengan meniadakan penyekatan. Momen ini dimanfaatkan para pelancong untuk mengunjungi kawasan Puncak.

Kepadatan pun terjadi di jalan tol menuju arah Gadog. Salah seorang pelancong Wahyu Mulyana, 35 tahun, mengatakan mereka terpaksa mencari jalan tikus untuk menghindari sistem satu arah tersebut.

“Kami sempat terjebak di pintu keluar tol Jagorawi. Karena sudah kadung sampai di sini, akhirnya kami pakai jasa tukang ojek untuk mengantar kami melalui jalan tikus,” ujar Wahyu.

Wahyu mengatakan, selain ingin melepas penat dan menghirup udara segar di Puncak, ia dan keluarga ingin berkunjung ke rumah orang tuanya di Cimacan, Kabupaten Cianjur.

“Sebetulnya kami hendak ke rumah orang tua di Cimacan, tapi karena sekalian lewat kita awalnya hendak menikmati pariwisata di Puncak sekalian ajak anak-anak main karena sudah lama keluarga kami tidak liburan. Tapi kok macet gini,” kata Wahyu.

(*/lk)

Komentar