Tingkatkan Koordinasi ke Provinsi, Wagub Papua ke 4 Bupati Baru: Jangan Bikin Gerakan Apa-apa Langsung Jakarta!

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Empat pasangan bupati dan wakil bupati di Papua resmi dilantik. Para kepala daerah diingatkan untuk segera menyusun RPJMD.

Mereka yang dilantik yakni Bupati Merauke Romanus Mbaraka-Wakil Bupati Merauke Riduwan, Bupati Keerom Piter Gusbager-Wakil Bupati Keerom Wahfir Kosasih, Bupati Asmat Elisa Kambu-Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanto, dan Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Birdana-Wakil Bupati Pegunungan Bintang Piter Kalakmabin.

Empat pasangan bupati dan wakil bupati itu dilantik langsung oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara di Jayapura, Rabu (3/3/2021). Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal turut mendampingi.

Mewakili Lukas Enembe, Klemen Tinal memberikan arahan kepada sejumlah kepala daerah yang dilantik. Dia mengingatkan agar para bupati dan wakil bupati untuk menjalankan tugas dan merangkul masyarakat.

“Bapak-bapak harus menjadi terang bagi masyarakat dan segera menyusun RPJMD agar visi misi yang sudah menjadi agenda bisa terealisasi, jangan cuma hanya wacana saja,” kata Klemen Tinal.

Klemen Tinal juga berharap para kepala daerah menggunakan dana otsus dengan baik. Dana otsus diharapkan memperkuat pembangunan daerah.

“Gunakanlah anggaran yang ada untuk membangun daerah. Apalagi dana otsus sebesar 80 persen sudah diberikan kepada kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain itu, Klemen Tinal juga meminta para bupati dan wakil bupati untuk meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua. Jangan sampai apa-apa langsung koordinasi ke Jakarta.

“Jangan kalian setelah dilantik langsung bikin gerakan tambahan dengan apa-apa langsung ke Jakarta. Silahkan koordinasi dengan kami di pemerintah provinsi,” imbuh dia.

“Silahkan pulang dan membangun daerah dan masyarakat sebaik-baiknya. Saya yakin kalian mampu jika itu dilakukan secara bersama-sama,” sambung Klemen Tinal.

(*/red)

Komentar