Dukung UMKM, BRI Berikan Fasilitas KUR, QRIS ke Pedagang Pasar Tanawangko

JurnalPatroliNews – Manado – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Wilayah Manado terus memberikan dukungan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebagaimana telah diberikan khususnya bagi pedagang di Kawasan Pasar Tanawangko yang merupakan salah satu pasar terbesar di pusat Kota Manado, Sulawesi Utara.

Dukungan diberikan dalam bentuk pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan digitalisasi pembayaran non tunai melalui Quick Respon Indonesian Standar (QRIS).

Regional CEO BRI Manado, John Sarjono mengatakan pasar merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat.

“Karena itu kami terus mendukung aktivitas ekonomi pasar di tengah pandemi agar aktivitas pasar tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, sehingga ekonomi tetap tumbuh. Apalagi kita juga fasilitasi para pedagang dengan QRIS BRI sehingga mereka dapat menjalankan usaha dengan aman dan dapat melayani para konsumen dengan nyaman,” kata Sarjono dalam rilis yang diterima BeritaManado.com, Jumat (5/11/2021).

Dijelaskannya, Bank BRI melalui BRI Kantor Cabang Manado dan BRI Unit Tombariri membantu pedagang pasar berupa bantuan modal KUR Mikro dengan Plafond diatas 10 juta hingga 50 juta, dan KUR Super Mikro dengan plafon hingga 10 juta, serta diberikan suku bunga 6% pertahun.

“Saat ini dari total 174 lapak, terdapat sekitar 65 pedagang di kawasan pasar Tanawangko dan sekitar 38 Pedagang sudah kami fasilitasi KUR dengan total penyaluran lebih dari 1 Milyar,” ujarnya.

Selain itu sebagai upaya implementasi digitalisasi transaksi Bank Indonesia, kata dia, Bank BRI juga memfasilitasi seluruh pedagang di Pasar Tanawangko untuk menggunakan QRIS sebagai media pembayaranya.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka mendorong transaksi cashless, apalagi saat ini kebanyakan masyarakat telah menggunakan smartphone dan mempunyai e-wallet seperti Link Aja, Gopay, Ovo dan lain-lain,” terangnya.

John Sarjono menambahkan transaksi dengan QRIS lebih efesien dan aman, karena setelah transaksi uang bisa masuk secara langsung ke rekening pedagang.

“Artinya mereka sudah tidak perlu datang lagi ke bank untuk setor uang tunai lagi, karena uang masuk secara otomatis dan juga dapat mengetahui riwayat dari transaksinya,” tuturnya.

Adapun penyaluran KUR dan implementasi QRIS di kawasan pasar Tanawangko dilakukan oleh BRI Kantor Cabang Manado melalui BRI Unit Tombariri dan didukung penuh oleh Kantor Wilayah BRI Manado.

(***/BennyManoppo)

Komentar