KemenKopUKM Siap Berikan Pendanaan Syariah Ke UMKM Hingga Rp10 Miliar Melalui EFF 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan meluncurkan program Entrepreneur Financial Fiesta (EFF) 2024 yang merupakan program akselerasi dan pembiayaan bisnis yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Asisten Deputi Pembiayaan Wirausaha dan Pengelolaan Jabatan Fungsional Kewirausahaan KemenKopUKM Edhi Kusdiyarwoko Dwikuncono mengungkapkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan akses para pelaku usaha ke berbagai skema permodalan bisnis.

EFF 2024 hadir untuk memberikan dorongan baru bagi perkembangan UMKM di Indonesia. Kami berkomitmen untuk mendukung para wirausaha dengan akses pembiayaan yang lebih mudah dan pendampingan yang holistik,” ucapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (8/2/2024).

Lebih lanjut Edhi menjelaskan, salah satu solusi utama yang akan ditawarkan dalam EFF 2024 adalah Securities Crowdfunding, yang akan diwadahi melalui platform online LBS Urun Dana.

LBS Urun Dana merupakan platform Securities Crowdfunding berbasis syariah yang telah diizinkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi aspek syariahnya.

Dia menambahkan, melalui EFF 2024, bersama LBS Urun Dana, para wirausaha bisa mendapatkan pembiayaan syariah untuk mengembangkan permodalan bisnis hingga Rp10 miliar.

Selain itu ada serangkaian acara yang diselenggarakan dalam EFF 2024 ini. Meliputi webinar yang membahas pengenalan program EFF 2024 dan sosialisasi Securities Crowdfunding sebagai mekanisme pembiayaan yang inovatif dan inklusif.

Kemudian ada juga bootcamp yang dipimpin oleh pemateri yang berkompeten untuk membahas mengenai pendanaan saham, pendanaan sukuk, hingga digital marketing.

Selanjutnya ada juga kelas mentoring yang membahas mengenai prospektus perencanaan bisnis, keuangan hingga pendanaan, dan terakhir Listing dan Financing yang membahas soal pembagian modal yang dibutuhkan oleh wirausaha kepada para investor dengan skema bagi hasil.

Edhi berharap program ini bisa menjadi solusi inovatif dalam bentuk akses pembiayaan yang lebih mudah dan pendampingan yang komprehensif bagi UMKM. “EFF 2024 siap mengubah paradigma pembiayaan bagi wirausaha di Indonesia,” ucapnya.

Informasi lebih lanjut tentang Entrepreneur Financial Fiesta (EFF) 2024 dan LBS Urun Dana bisa didapatkan di eff.kemenkopukm.go.id.

Komentar