Krisis Energi Global, Negara-negara Eropa Ini Mulai Lirik Batu Bara Indonesia. Siapa Sajakah Mereka?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Krisis Energi Global akibat perang Rusia – Ukraina, membuat Negara-negara Eropa sedang mencari substitusi impor batu baranya ke Indonesia. Sampai saat ini, Negara yang memesan batu bara dari Indonesia terus bertambah.

Tercatat pada September 2022 lalu, pemesanan batu bara Indonesia berasal dari beberapa negara Eropa, seperti, Belanda, Polandia, Yunani, Jerman, dan Spanyol.

Hendra Sinadia, Direktur Eksekutif, Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), mencatat, Indonesia juga sudah mulai mengekspor batu bara ke Slovenia.

“Saya kurang tahu persis mengenai tambahan ekspornya karena sifatnya Bussines to Bussines (B to B). Malah ada juga pengirimannya ke negara seperti Yunani, Slovenia walaupun gak banyak,” ujarnya, Senin (24/10/2022).

Ia mengungkapkan, sebelumnya, pada September 2022 ini, dalam Unofficial APBI, jumlah ekspor batu bara asal Indonesia ke Negara-negara Eropa tersebut, mencapai 3,5 juta ton sampai 4 juta ton. Ekspor ke Eropa dengan jumlah tersebut, menjadi yang terbesar pertama dalam sejarah.

Komentar