Larangan Menteri Dillanggar? Belasan Kapal Ekspor Batu Bara Dilepas Malam Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sepertinya Kebijakan Larangan Ekspor Batu Bara Pemerintah Tidak Akan Sampai Akhir Januari 2022, Malam Ini Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan, ada belasan kapal Ekspor Batu bara yang telah diverifikasi akan dilepas, Senin (10/01). Kemudian, selanjutnya Ekspor dibuka secara bertahap mulai Rabu, 12 Januari 2022.

“Nanti ada beberapa belas kapal yang diisi Batu bara telah diverifikasi malam ini telah dilepas. Kemudian, nanti kapan mau dibuka ekspor bertahap dimulai Rabu,” paparnya kepada wartawan di kantornya, Senin (10/01).

Luhut mengatakan, saat ini kondisi stok Batu bara untuk pembangkit Listrik di dalam Negeri sudah membaik, sudah bertahap dari 15 hari kini mengarah 25 hari.

Ia juga menyebut bahwa ke depannya PT PLN (Persero) diminta untuk tidak lagi membeli Batu bara melalui Trader, namun harus dari perusahaan Produsen Batu bara langsung.

“Kita benahi banyak betul ini nanti PLN tidak ada lagi FOB, semua CIF, tidak ada lagi PLN trading dengan trader, jadi semua harus beli dari perusahaan,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian ESDM mengeluarkan kebijakan melarang Ekspor Batu bara selama 1 Januari-31 Januari 2022, menyusul kritisnya pasokan Batu bara untuk pembangkit listrik dalam Negeri.

Tiga Negara sudah mendesak Pemerintah Indonesia untuk membuka keran Ekspor Batu baranya lagi, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Filipina.

Komentar