Momen Sandiaga Dan Ganjar Foto Bersama, Kolaborasi Endorse Produk Lokal Dari UMKM, Omset Naik 95 Persen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berfoto bersama dengan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) beserta produk-produknya.

Agenda foto bersama itu dalam rangka mempromosikan atau meng-endorse produk lokal, sehingga diharapkan terjadi peningkatan omset. “Promosi produk lokal bikin omset UMKM naik 95 persen? SIAP 86!” ujar Sandiaga dalam akun Twitter peribadinya pada Ahad 18 Desember 2022.

Sandiaga bergurau kepada salah satu pelaku UMKM, omset akan naik sekitar 30 persen apabila dipromosikan olehnya. Kemudian omset itu akan naik lagi sebanyak 65 persen jika dipromosikan oleh Ganjar. “Sesuai elektabilitas soalnya,” kata Sandiaga.

Sandiaga dan Ganjar lalu melanjutkan foto bersama produk-produk hasil buatan pelaku UMKM itu satu persatu.

Terlihat antrian panjang para pengusaha UMKM menunggu giliran berfoto. “Gimana saya sama Mas Ganjar cocok enggak nih buat berkolaborasi? Kalau kolaborasi mempromosikan produk-produk UMKM pasti cocok,” kata dia.

Sandiaga pun menuturkan harapan pemerintah adalah kembali menjadikan UMKM sebagai pahlawan ekonomi pada 2023, yaitu dengan membuka peluang usaha.

Adapun pada 2024, pemerintah menargetkan terbukanya 4,4 juta lapangan kerja baru yang ditopang oleh UMKM. Menurut dia, UMKM yang didukung pemerintah pun sebagian sudah berhasil melakukan ekspor.

Sebelumnya, Sandiaga sempat menyoroti soal posisi pelaku UMKM di tengah isu ancaman resesi 2023 dan kelesuan ekonomi global saat ini.

Sandiaga menilai dark 65 juta pelaku usaha UMKM, belum semua mendapat perhatian dan perlindungan sepenuhnya dari pemerintah.

Oleh karena itu pemberdayaan dan pendampingan serta konsolidasi pelaku UMKM sangat diperlukan untuk menjaga produktivitasnya di tengah kelesuan ekonomi global.

Pemberdayaan yang disasar, kata Sandiaga, merujuk pada digitalisasi pelaku UMKM itu.

Dia menargetkan 30 juta UMKM akan bertransformasi ke ekosistem digital pada tahun 2024 nanti. Menurutnya, banyak peluang yang bisa dibuka dan dikembangkan pada pengembangan UMKM untuk menuju ke ekosistem ekonomi digital ini.

Dengan bantuan intervensi pemerintah.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyebut kenaikan ekonomi digital Indonesia saat ini mencapai 49 persen dan kontribusi terbesar pada e-commerce. Sementata baru sekitar 20 juta lebih UMKM yang sudah bertransformasi ke ekosistem digital. “Banyak peluang bisa dibuka khususnya bagi UMKM ke sistem ekonomi digital itu, saya yakin UMKM butuh dukungan pemerintah,” katanya pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Komentar