Selama Puasa Harga Pangan Dan Cabai Akan Terus Naik, Ini Hasil Pantauan KPPU

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat harga pangan mengalami kenaikan jelang bulan Ramadan. Hal itu dipengaruhi oleh naiknya permintaan dan adanya keterbatasan dari sisi suplai.

“KPPU sudah melakukan pengawasan dengan beberapa komoditas pangan. Dari data yang ada, pada enam tahun terakhir memang mengalami kenaikan. Tapi untuk di Ramadhan nanti naiknya tidak tidak signifikan, hanya beberapa komoditas saja,” kata Direktur Ekonomi KPPU Mulyawan Renamanggala dalam forum jurnalis secara daring, Jumat (1/4/2022).

Dia menjabarkan, cabai mengalami kenaikan cukup signifikan, tercatat naik 27% menjelang Ramadhan ini. Kemudian minyak goreng mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu mencapai 90%.

Lanjut sebut Mulyawan, daging sapi juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan secara year on year namun menjelang Ramadhan kenaikan harga dari bulan sebelumnya hanya 0,3%. Berikutnya telur ayam ras pun mengalami kenaikan harga, sedangkan tepung terigu relatif stabil.

Meskipun adanya kenaikan harga, Mulawan bilang, berdasarkan data KPPU yang peroleh di tahun 2022, komoditas pangan dalam keadaan cukup untuk kebutuhan sekitar satu hingga dua bulan.

“Kecuali untuk cabai memang produksi cabai mengalami penurunan sebesar 3,64% atau hanya tersedia 371,95 ton per hari sedangkan kebutuhan per harinya itu 386 ton. Sehingga harga cabai akan terus mengalami kenaikan selama bulan puasa ini,” sambungnya.

Berdasarkan data KPPU, ia memaparkan, stok pangan menjelang Ramadhan adalah sebagai berikut:

Komentar