Temuan Baru di Petani, Tiba-tiba Erick Thohir Ungkap Ada Mafia Bibit

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan ada mafia bibit di sektor pertanian. Mereka menyebabkan kualitas bibit yang diterima petani salah sehingga hasil panennya tidak bagus.

Oleh karena itu, dia meminta peran PT Pupuk Indonesia (Persero) agar bibit yang diterima oleh petani adalah bibit yang benar. Namun Erick tidak menjelaskan mafia bibit berasal dari lingkungan PT Pupuk atau pihak luar.

“PT Pupuk Indonesia mendampingi, memberikan pupuk tepat waktu, bibit yang benar, karena bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan bibit yang hybrid, yang salah sehingga ketika tumbuh tidak menghasilkan yang baik,” katanya dalam Kuliah Umum Universitas Padjadjaran (Unpad) yang disiarkan secara virtual, Sabtu (23/4/2022).

Erick pun memaparkan pentingnya memerhatikan para petani demi ketahanan pangan Indonesia. Menurutnya petani tidak bisa lagi dianggap sebatas objek.

“Kenapa? tadi saya sampaikan pangan akan menjadi ancaman, karena itu kita punya yang namanya program Makmur, di mana petani mendapat pembiayaan dari bank-bank Himbara: BRI, Mandiri, Bank Syariah Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, negara juga memberikan asuransi gagal panen sehingga kalau petani gagal panen mendapatkan perlindungan asuransi, dalam hal ini melalui PT Jasindo.

Komentar