Semifinal Piala AFF 2022, Indonesia Versus Vietnam Berakhir Imbang Tanpa Gol

JurnalPatroliNews – Pertandingan leg pertama semifinal piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam berakhir imbang tanpa gol, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/12/2023).

Hasil imbang tanpa gol tentunya cukup mengejutkan, mengingat Indonesia dan Vietnam tercatat sangat subur dalam urusan mencetak gol, sama-sama mencetak 12 gol di fase grup Piala AFF 2022, cuma kalah dari Thailand (13).

Walau bermain di kandang sendiri, Timnas Indonesia juga belum bisa memaksimalkan faktor tuan rumah untuk memecah kebuntuan.

Melansir Suara.com jaringan BeritaManado.com, hasil seri ini tentunya merupakan keuntungan bagi Timnas Vietnam yang akan menjadi tuan rumah pada leg kedua nanti yang akan dihelat 9 Januari 2023 di Hanoi.

Walau pun ditahan imbang, peluang Timnas Indonesia lolos ke final masih terbuka, sebab apa pun bisa terjadi pada pertandingan kedua nanti.

Pada leg kedua nanti Timnas Indonesia minimal harus bisa memaksimalkan peluang dan mencuri gol tandang untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Hal ini tentunya akan menjadi pekerjaan yang tidak mudah, mengingat hingga saat ini Vietnam menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala AFF, bahkan lewat pertandingan ini menambah catatan clean sheet menjadi enam pertandingan terakhir.

Sementara itu, walau saat ini Indonesia sudah kebobolan tiga gol di babak grup Piala AFF 2022, catatan tak terkalahkan Indonesia bertambah menjadi delapan pertandingan terakhir dengan menang enam kali.

Sedangkan Vietnam menjadi 11 pertandingan terakhir tanpa kekalahan dengan menang delapan kali.

Laga ini juga menjadi pertemuan ke-26 Indonesia dan Vietnam dengan skuad Garuda mencatatkan delapan kemenangan berbanding tujuh milik The Golden Star Warriors, serta sisanya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam, terjadi pada Desember 2021 juga berakhir imbang 0-0.

Sementara kemenangan terakhir Indonesia atas Vietnam terjadi di leg pertama semifinal Piala AFF 2016 (2-1), sejak itu Golden Star Warriors tidak terkalahkan dalam empat pertandingan mereka.

Adapun jalannya pertandingan di awal babak pertama, khususnya 10 menit awal, bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam memainkan ball possession, masih menahan bola dan menunggu momen tepat untuk melancarkan serangan.

Setelah itu, Timnas Indonesia tampil lebih mendominasi baik dalam aspek penguasaan bola maupun serangan.

Jordi Amat mendapatkan peluang untuk mencetak gol setelah mendapatkan operan dalam situasi sepak pojok. namun tandukannya masih belum menemui sasaran.

VIetnam mendapatkan peluang dari situasi sepak pojok juga. Untungnya, sepakan voli Nguyen Quang Hai belum menemui target juga.

Pada menit ke-20, Dendy Sulistyawan mendapatkan umpan terobosan dari Marselino Ferdinan. Namun umpan tariknya ke tengah kotak penalti dipotong pemain Vietnam.

Menit ke-31, sebuah cut-back Yakob Sayuri secara gemilang berhasil dibendung bek Vietnam. Andai bola ini lepas, Dendy Sulistyawan bisa dengan mudah mencocor bola untuk menjadi gol.

Menit ke-35, Indonesia punya dua peluang bagus untuk bikin gol. Namun, usaha Dendy Sulistyawan dan Yakob Sayuri masih belum bisa membuka skor untuk skuad Garuda.

Sampai akhir babak pertama, Vietnam memang lebih mendominasi bola dengan persentase mencapai 66 persen.

Akan tetapi, Indonesia praktis jauh lebih agresif dalam menyerang. 7 percobaan tembakan dicatatkan skuad Garuda, berbanding 2 milik Vietnam.

Masuk babak kedua, Timnas Indonesia dan Vietnam saling jual beli serangan.

Menit ke-56, pelanggaran keras pemain Vietnam yang memang dikenal kasar, Doan Van Hau, memantik emosi para pemain Timnas Indonesia. Kedua kubu pun sempat bersitegang di lapangan.

Menit ke-82, tendangan Pratama Arhan dari situasi yang sebenarnya cukup ideal hanya melambung tinggi di atas gawang Vietnam.

Di menit terakhir waktu normal, sepakan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan masih bisa ditepis kiper Vietnam.

Susunan Pemain Timnas Indonesia XI: Nadeo Argawinata, Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan.
Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Susunan Pemain Timnas Vietnam XI: Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Vu Van Tanh, Do Hung Dung, Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh.
Pelatih: Park Hang-seo (korea Selatan)

Komentar