Di Hadapan Utusan 33 Negara Asia-Afrika, Wapres Gelorakan Solidaritas Antarbangsa Perangi Kejahatan Transnasional

Menurutnya, saat ini seluruh negara sedang berupaya agar mampu menavigasi revolusi digital sehingga dapat memberikan keuntungan dan mengakselerasi kemajuan. Untuk itu, AALCO diharapkan turut mengambil peran untuk kepentingan bersama.

“AALCO diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam mendesain arsitektur hukum yang mengakomodasi kemajuan teknologi dan kecerdasan buatan untuk mendukung cita-cita luhur Konferensi Asia-Afrika,” imbuh Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan alternatif solusi guna mewujudkan tata dunia yang adil. Wapres pun berpesan agar para delegasi dapat mengunjungi beberapa lokasi di Pulau Dewata ini.

“Saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan Sesi Tahunan ke-61 AALCO. Saya berpesan agar para delegasi yang terhormat dapat menyempatkan diri untuk menikmati keindahan, keramahan dan keberagaman Pulau Bali,” Pungkasnya.

Sesi Tahunan ini dihadiri oleh perwakilan 33 Negara anggota AALCO, di antaranya Menteri Bidang Kehakiman dan Hukum Oman Abdullah Mohammed Saeed Al-Saidi, Menteri Bidang Keadilan Kuwait H.E. Masoud Mohamed Al-Ameri, Menteri Bidang Keadilan Palestina Moh’d Fahad A. Shalaldeh, Menteri Bidang Kehakiman Afrika Selatan Ronald Ozzy Lamola, Wakil Menteri Bidang Kehakiman Arab Saudi H.E. DR Najem al-Zaid, serta Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Minh Vu Nguyen.

Sebagai informasi AALCO menjadi forum konsultasi antarnegara di kawasan Asia dan Afrika yang bertujuan untuk menyamakan pandangan dan posisi terhadap isu-isu hukum agar diperoleh kesepahaman bersama serta dapat disampaikan pada berbagai pertemuan internasional seperti pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Acara Sesi Tahunan biasanya diselenggarakan oleh Negara Anggota berdasarkan rotasi antara dua kelompok regional, Asia dan Afrika. Dalam Sidang Tahunan, Negara-negara Anggota diwakili oleh diplomat senior dan para ahli hukum. Selain itu, terdapat sejumlah delegasi Observer yang mewakili pemerintah dan organisasi internasional dari seluruh dunia turut berpartisipasi.

Komentar