Daerah

Jurnalisme Positif Bantu Tangkal Provokasi, Hoaks dan Ujaran Kebencian di Media Sosial Pasca Kejadian di Kota Bitung

Beno
×

Jurnalisme Positif Bantu Tangkal Provokasi, Hoaks dan Ujaran Kebencian di Media Sosial Pasca Kejadian di Kota Bitung

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Bitung – Pasca kejadian bentrok antar kelompok di Kota Bitung pada Sabtu (25/11/2023) kemarin, santer beredar di masyarakat sejumlah unggahan di media sosial yang beraroma provokasi, kabar bohong dan tidak berimbang yang berdampak meresahkan.

Terkait hal tersebut Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing dan percaya dengan kabar maupun postingan yang sumbernya tidak jelas tersebut, mengingat situasi Kota Bitung saat ini sudah aman dan kondusif.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Kami imbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi terkait beberapa isu yang beredar dari akun-akun anonim yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam press rilis di Mapolres Bitung, Minggu (26/11/2023) malam.

Irjen Pol Setyo juga meminta tidak menyebar atau membuat postingan yang bisa berdampak kontra produktif di masyarakat. 

Jenderal bintang dua tersebut juga meminta seluruh elemen masyarakat agar menjaga agar Kota Bitung tetap aman dan kondusif.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada jurnalis yang telah berpartisipasi untuk menyampaikan imbauan terutama membuat berita-berita di media secara positif yang tidak tendensius dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar.

“Harapannya kalau rekan-rekan jurnalis menyampaikan secara proporsional, mudah-mudahan permasalahan ini bisa segera selesai. Kota Bitung bisa cepat normal kembali, sebagaimana biasa, sesuai falsafah torang samua basudara,” pungkas Irjen Pol Setyo.

Penulis: deidy wuisanEditor: Beno