Luncurkan Program PELESA, BUMDES Lesabe Beri Bantuan Pendidikan

Jurnalpatrolinews.com – Sangihe- Bumdes Lesmana Lesat Lesabe 1 Kecamatan Tabukan-Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Ciptakan Program PELESA guna membantu mahasiswa akhir studi.

Program ini di sepakati pada rapat bersama pertanggungjawaban keuangan Bumdes Tahun 2022 yang diselenggarakan pada bulan mei 2023.

Zeth Legesang selaku Sekretaris Bumdes Lesmana Lesat menyampaikan kepada wartawan JurnalPatroliNews.com melalui pesan suara bahwa program “PELESA”. Pelesa adalah kata dari bahasa Sangihe yang memiliki arti Hikmat.

Program tersebut tercipta atas dasar kesepakatan masyarakat terlebih sesuai dengan AD/ART Bumdes Lesmana Lesat dimana bagi hasil usaha BUMDES 10% peruntukannya untuk kegiatan Sosial.

Rapat tersebut menghasil kesepakatan bahwa anggaran tersebut diperuntukkan di sektor Pendidikan dikhususkan untuk mahasiswa akhir studi.

“Anggaran kami fungsikan untuk membantu adik-adik Mahasiswa dari Lesabe 1, mengingat Pendidikan adalah salahsatu hal yang prioritas dalam mendorong pembangunan khususnya di bidang Sumberdaya Manusia”. Ucap Zeth

Syarat dan ketentuan dari program tersebut harus penduduk yang sudah berdomisili di Lesabe 1 dibuktikan dengan kartu tanda penduduk, penerima bantuan adalah mahasiswa semester 8 untuk S1 dan semester 6 untuk diploma dibuktikan dengan KHS semester 7/KRS semester 8 dan KHS semester 5/KRS semester 7, memasukan permohonan kepada pengurus Bumdes Lesmana Lesat, berkas dimasukkan dalam map warna hijau, bantuan yang di dapatkan sebesar satu juta rupiah, terlebih bantuan pendidikan tersebut hanya diterima satukali. Pungkas Zeth

Kami sangat berharap program yang kami Cipta tersebut bisa berdampak baik terhadap para generasi penerus, kami berharap bahwa yang dilihat bukan nilai atau angka dari bantuan tersbut.

Tetapi yang perlu dilihat adalah semangat desa dalam mendorong memasifkan pendidikan di Desa.

Bukan sesuatu yang tidak mungkin bahwa kedepan perangkat desa harus memiliki gelar Sarjana jika hal ini tidak di dorong maka siapa yang nantinya akan menjadi penerus di Desa Lesabe 1. TutupNya

Komentar