Puluhan Kesembuhan dan Konfirmasi Baru Iringi Perkembangan Covid-19 Di Buleleng

JurnalPatroliNews – Buleleng : Kasus Covid-19 di Kabupaten Buleleng pada hari Jumat (05/02) ini menunjukkan peningkatan kesembuhan diiringi dengan konfirmasi baru.

Seperti diungkapkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si melalui rilis persnya, tercatat pada hari ini 21 pasien terkonfirmasi positif telah dinyatakan sembuh. Namun, pada hari ini juga terdapat angka konfirmasi baru 28 orang.

Sementara itu, sehari sebelumnya Kamis (04/02) disebutkan adanya kabar duka kembali terjadi di Kabupaten Buleleng, bahwa warga asal Kecamatan Busungbiu dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19.

Sesuai data perkembangan Covid-19, diungkapkan Ketut Suweca, pasien meninggal itu mulai dirawat pada 30 Januari dan dinyatakan meninggal pada tanggal 3 Februari 2021.

“Usianya 65 tahun dengan jenis kelamin laki-laki. Riwayat penyakitnya batuk, demam, pilek, pneumonia dan memiliki gejala sesak,” ujar Suweca yang juga Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng.

Lebih lanjut, Suweca menyebutkan 21 pasien sembuh pada hari ini terdiri dari 9 orang dari Kecamatan Buleleng, 6 orang dari Kecamatn Sukasada, 3 orang dari Kecamatan Kubutambahan, dan masing-masing 1 orang dari Kecamatan Sawan, Kecamatan Gerokgak, dan Kecamatan Seririt. Sementara terkait angka terkonfirmasi baru Ia menyebutkan 8 orang berasal dari Kecamatan Buleleng, 7 orang berasal dari Kecamatan Gerokgak, masing – masing 2 orang dari Kecamatan Banjar, Sawan, dan Seririt, serta 1 orang dari Kecamatan Tejakula.

Melanjutkan rilis pers, Suweca menyampaikan, kasus konfirmasi dalam perawatan sebanyak 139 orang yang meliputi RSUD Buleleng 27 orang, RS Bali Med 4 orang, RS Karya Dharma Usada 28 orang, RS Kerta Usada 17 orang, RS Santhi Graha 2 orang, RS Paramasidhi 1 orang, RS Tentara 5 orang, RS Puri Raharja 1 orang, RS Sanglah 2 orang, Hotel Bali Beach 11 orang, RS Bali Mandara 2 orang, Prime Praza 2 orang, Hotel Ibis 2 orang, Hotel Berry Glee 10 orang, dan isolasi mandiri 25 orang

Terkait data lain, Suweca menerangkan, kasus konfirmasi kumulatif di Buleleng sebanyak 1.839 orang dengan rincian sembuh sebanyak 1.619 orang, kasus meninggal sebanyak 81 orang, sedang dirawat di Buleleng sebanyak 109 orang dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 30 orang.

Data lainnya, kasus suspek kumulatif di Buleleng sebanyak 2.100 orang dengan rincian suspek konfirmasi 817 orang, discarded 1.163 orang, suspek masih dipantau 58 orang dan probable 62 orang.

Sementara itu, kontak erat kumulatif di Buleleng sebanyak 10.450 orang dengan rincian kontak erat konfirmasi sebanyak 794 orang, discarded sebanyak 9.007 orang, karantina mandiri sebanyak 314 orang dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 335 orang.

Sedangkan kasus konfirmasi non suspek atau kontak erat tetap sebanyak 226 orang dan Kasus pelaku perjalanan terkonfirmasi sebanyak 2 orang.

Jelang akhir rilis pers, Suweca mengingatkan masyarakat untuk senantiasa waspada dan disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk menjaga imun tubuh dengan pola hidup yang sehat. (TiR).-

Komentar