Sambut Hari Raya Galungan, DisdagperinkopUKM Minta Pengiriman Pasokan Gas LPG 3Kg Lebih Awal

JurnalPatroliNews – Singaraja,- Meskipun kondisi kuantitas gas LPG 3 kg di Kabupaten Buleleng masih aman, tetapi upaya antisipasi tetap dilakukan guna mencegah adanya kelangkaan.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperinkopukm) Kabupaten Buleleng, Dewa Made Sudiarta mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satuan Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) agar pengiriman gas ke Buleleng dapat dilakukan lebih awal.

Hal ini dilakukan, sebagai bentuk antisipasi melonjaknya permintaan gas LPG 3 kg oleh masyarakat. Mengingat dalam waktu dekat, masyarakat Bali dan Buleleng akan merayakan Galungan dan Kuningan, serta Nyepi.

“Kita sudah usul dan koordinasi dengan SPBE, agar kuota harian yang dikirim tanggal 28 Februari, bisa digeser lebih awal. Sehingga kebutuhan gas kita lebih aman. Untuk antisipasi saja, ” ungkap Dewa Sudiarta dikonfirmasi Kamis (22/2) siang.

Ia mengatakan bila pasokan dan pergerakan stok gas LPG 3 kg dari depo di wilayah Manggis, Kabupaten Karangasem ke Kabupaten Buleleng, termasuk jumlah pasokannya, dalam keadaan aman dan terkendali.

Meski begitu, pihaknya tak mau terlena dan memilih upaya antisipasi, agar saat terjadi lonjakan permintaan gas di Buleleng, tidak terjadi kelangkaan yang berujung resahnya masyarakat.

“Jadi ini antisipasi saja bila ada lonjakan di tanggal 23 Februari atau sebelum tanggal itu, sehingga dari agen bisa langsung ambil untuk mengantisipasi,” lanjutnya.

Selain itu, Kepala Disdagperinkopukm Buleleng itu menyatakan bila pergerakan harian pasokan gas di Buleleng, relatif aman dan memadai. Bahkan kendala pendistribusian juga sampai saat ini belum menjadi persoalan. Ia mengungkapkan bila cuaca kadang menjadi kendala distribusi gas dari depo di Manggis ke Buleleng.

“Sampai hari ini tidak ada gangguan distribusi gas ke Buleleng. Dari pantauan di lapangan, pasokan gas elpiji aman terkendali,” pungkasnya.

Sebelumnya, isu kelangkaan gas di beberapa wilayah di Bali, sampai juga ke Kabupaten Buleleng. Namun dari pantauan ke agen, pasokan gas masih aman dan memadai.

“Untuk sementara, pasokan gas LPG 3 Kg masih aman. Walaupun permintaan dari konsumen meningkat, sedangkan kami terima pasokan gasnya segitu-segitu saja,” kata Tedy, pemilik agen gas LPG 3 kg di wilayah Banyuning pada Selasa (20/2) sore.

Komentar