Simpul Jejaring 260 Kota – Kabupaten Seluruh Indonesia Kembali Selenggarakan Indonesia Creative Cities Festival 2023 di Banjarmasin

JurnalPatroliNews – Banjarmasin,- Indonesia Creative Cities Network (ICCN) sebagai simpul jejaring lintas stakeholders Hexa Helix Ekonomi Kreatif, yang terdiri dari Akademisi, Pengusaha/UMKM, Komunitas, Pemerintah Daerah dan Pusat, Media, serta Aggregator di lebih dari 260 kota/kabupaten seluruh Indonesia kembali menyelenggarakan program tahunan yang bernama Indonesia Creative Cities Festival (ICCF). Tahun ini, Banjarmasin menjadi tuan rumah ICCF 2023, dengan mengangkat tema “Cangkurah Kayuh Baimbai”. Diangkat dari nilai filosofi Budaya Banjar, “Kayuh” berarti mendayung, dan “Baimbai” berarti bersama-sama, atau dalam konteks ini dapat juga dimaknai sebagai semangat kebersamaan dan kekompakan yang terus dibawa jejaring dalam mencapai tujuan bersama, serta tidak mudah surut menghadapi rintangan, termasuk dalam kolaborasi mewujudkan ide serta gagasan kreatif untuk kemajuan Indonesia.

Ketua Umum ICCN, Tubagus Fiki Chikara Satari menjelaskan bahwa perjalanan ICCN sejak tahun 2015 dalam berjejaring, berkarya, dan berdampak, telah memberikan pengalaman bagi seluruh anggota dan jejaringnya untuk tumbuh bersama, saling mengisi, mengapresiasi, dan selalu belajar sehingga tercapai pendewasaan sebagai komunitas, agen perubahan, sekaligus pemimpin.

“Ikatan inilah yang kita rayakan setiap tahunnya dalam dua kegiatan utama, yaitu Rakornas dan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF),” terangnya.

Fiki juga menjelaskan bahwa di periode ini, ICCN akan terus jalankan bersama program-program strategis ICCN dalam peta jalan Kotaborasi (Unicities) – Komunitangguh (Community Power) – Bangsa Lestari (Sustainationability).

“Melalui ICCF, kita perkuat sinergi antar-pihak Hexa Helix di seluruh kabupaten/kota, dampak nyata di lingkungan terdekat, skala nasional hingga internasional, juga kita wujudkan bersama solusi melalui penerapan 11 Jurus Kota/Kabupaten Kreatif yang disebut Catha Ekadasa. Mari, rayakan keberagaman dan persaudaraan dalam kemeriahan festival kota kreatif Indonesia,” tambahnya.

Sebagai informasi, ICCF 2023 di Banjarmasin yang diselenggarakan pada 18-20 Oktober 2023 ini akan diisi rangkaian kegiatan rutin tahunan seperti Indonesia Creative Cities Conference (ICCC), Creative Workshop, Creative Expo, dan Creative Tour, tentu dengan menghadirkan sederet insan kreatif dari tatanan Pemerinah Pusat, Pemerintah Daerah, Local Champions, serta jejaring ICCN yang berdatangan dari seluruh Indonesia ke Banjarmasin.

Keynote Speakers yang akan berbagi cerita pengalaman serta ilmu pengetahuan dalam sesi Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) di antaranya Ir. Bambang Susantono, MCP., MSCE., Ph.D. (Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara), Drs. Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia), Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,), Wishnutama Kusubandio (Ketua Dewan Pengarah ICCN), Putri Tanjung (Dewan Kehormatan ICCN), Setia Budhi, Ph.D. (Asosiasi Antropologi Indonesia Kalimantan Selatan), Dr. Eng. Akbar Rahman, ST., MT., IAI (Komite Ekraf Banjarmasin), serta Drs. H. Alimuddin, M.Si. (Badan Otorita IKN Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat).

Bersama itu, sesi Creative Leaders dalam ICCC akan diisi Hendri Septa, B.Bus. (Acc), M.I.B (Wali Kota Padang), H. Ibnu Sina, S.Pi., M.Si. (Wali Kota Banjarmasin), H. Pilar Saga Ichsan, S.T. (Wakil Wali Kota Tangerang Selatan), Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto (Wali Kota Makassar), Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M. (PJ Gubernur Papua), dr. Khairul, M.Kes. (Wali Kota Tarakan), Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si. (Wali Kota Ternate), Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M. (PJ Wali Kota Malang), serta Dr. Frans Pekey, M.Si. (PJ Wali Kota Jayapura).

Komentar