Yayasan Hakka Provinsi Aceh Beri Bantuan Guru Pengajian Di Aceh Besar

JurnalPatroliNews – Jakarta – Seorang guru pengajian di Aceh Besar, Tengku H. Muhibuddin (55) warga Dusun Cot Kuta, Gampong Leu Ue, Kecamatan Darul Imarah menerima bantuan dari Yayasan Hakka Provinsi Aceh.

Sudah 20 tahun Tgk. H Muhibuddin menjadi guru ngaji dengan mengajar di rumahnya. Bahkan, pengajian itu diadakan setiap malam dimulai setelah shalat Magrib berjamaah dengan murid berjumlah 40 orang, namun karena kurangnya fasilitas tempat wudhuk seperti perlengkapan pengajian dan tidak ada kipas angin murid-murid sering mengalami kepanasan.

Sebagai guru pengajian, Tgk. H Muhibuddin tak pernah memungut biaya sepeserpun kepada murid-muridnya.

Mendapat informasi tersebut, Ketua Yayasan Hakka Aceh, Kho Khie Siong (Aky) langsung menyerahkan sejumlah bantuan ke tempat pengajian tersebut.

Pihaknya menyerahkan bantuan berupa tempat wudhuk, sajadah, tikar hambal, pengeras suara, perlengkapan shalat, portable wireless, kipas angin dan lainnya.

“Kemarin kita mendapat informasi bahwa ada tempat pengajian yang membutuhkan bantuan dan kami langsung turun ke lokasi tersebut,”kata Kho Khie Siong, Rabu (3/11).

Kho Khie Siong menyebut, bantuan itu diberikan sebagai bentuk kesetiakawanan sosial dan kepedulian pihaknya agar aktivitas pengajian bisa berjalan dengan baik.

“Dalam bentuk sosial kita tetap berbuat bagi siapapun,” katanya 

Ditambahkan Khie Siong, meskipun Hakka Yayasan Thionghoa, namun di Hakka cukup lengkap anggotanya, ada umat Buddha, Kristen dan Islam. Bahkan mualaf Thionghoa juga tergabung dalam Hakka.

“Mereka bagian dari kita, dalam hal sosial dan tidak ada perbedaan, kita terus membantu mereka yang membutuhkan,” tegasnya.

Pihaknya tidak memandang suku, ras dan agama, jika ada yang membutuhkan Hakka siap membantu, sekaligus menujukkan untuk masyarakat luar Aceh, bahwa Aceh hidup dengan nilai tolerasi keberagamaan.

“Hal ini bisa dilihat, bahwa kita bisa hidup bersama,”demikian tutup Kho Khie Siong

Sementara terpisah, Murni Mustari S.Pd anak dari Tgk Muhibbuddin mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Hakka atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Hakka atas kepeduliannya bagi anak-anak pengajian,” ungkapnya.

Diakuinya, kehadiran tim Yayasan Hakka membuat anak-anak sangat antusias dan senang.

“Bantuan itu dapat dipergunakan untuk pengajian, anak-anak sedikit kepanasan karena minimnya fasilitas. Anak-anak sedikit kepanasan tanpa adanya kipas angin, namun dengan adanya sejumlah bantuan tersebut Alhamdulilah anak anak lebih semangat dalam mengaji,” ucapnya

Komentar