Akan Ada 23 Juta Pekerjaan Diganti Teknologi Digital pada 2030, Teten: Persiapkan Skill Dan Pola Pikir Generasi Muda Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kemajuan Teknologi yang sangat pesat pastinya membutuhkan tenaga kerja dengan skill khusus, setidaknya, 23 juta pekerjaan akan digantikan oleh teknologi digital pada 2030 mendatang. Hal demikian dikatakan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. Bahkan akan ada 46 juta lapangan pekerjaan baru yang muncul.

“Setidaknya 23 juta pekerjaan akan digantikan oleh Teknologi digital dan otomatisasi pada tahun 2030,” kata Teten, saat memberi sambutan pada Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan UMKM di Istana Negara, Senin (28/3/22).

Lebih lanjut, Ia memaparkan, Pemerintah perlu terus menerus mempersiapkan skill dan pola pikir kewirausahaan generasi muda Indonesia. Karena 46 juta pekerjaan baru akan muncul yang mengunakan teknologi, seperti Health Care manufaktur dan Ritel.

“Namun dalam waktu bersamaan 46 juta lapangan pekerjaan baru muncul dan 10 juta pekerjaan betul-betul jenis baru dan sektor yang paling menerima manfaat dari teknologi digital ini antara lain health care manufaktur dan ritel,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, Rakornas kali ini akan membahas Sejauh mana komitmen daerah dan seluruh stakeholder dalam memastikan gerakan Nasional perubahan menuju Digitalisasi. Juga diskusikan cara mendorong pertumbuhan wirausaha baru sebagai bagian dari mempersiapkan generasi muda.

“Pemetaan potensi dan tantangan serta pengembangan program pendampingan dari setiap stakeholder dalam upaya pencepatan transformasi digital, penetapan kelompok strategis strategis untuk disasar beserta model sinergi lintas sektor yang tepat dalam upaya transformasi digital,” tandasnya.

Komentar