Diskominfo Bondowoso Belajar SPBE ke Buleleng, Adopsi Penanganan Diskominfosanti Buleleng Tangkal Serangan Siber

JurnalPatroliNews – Singaraja,–  Dinas Kominfo Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, belajar penerapan  implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik (SPBE) ke Dinas Kominfosanti Buleleng, Kamis (6/10/2022).

Tim Kominfo Bondowoso ke Bali Utara dalam upaya mengadopsi penerapan  implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik (SPBE) di Buleleng khususnya penanganan insiden atau serangan siber di era digitalisasi ini.

Rombongan Dinas Komunikasi dan Informatika Bondowoso diterima oleh Kepala Dinas Kominfosanti  Buleleng Ketut Suwarmawan di ruang kerjanya. Pada kesempatan itu, Kadis Suwarmawan menyampaikan terimakasih atas kedatangan rombongan dari Dinas Kominfo Kabupaten Bondowoso yang telah memilih Kabupaten Buleleng khususnya Dinas Kominfosanti  belajar bersama dalam mengimplemetasikan program-program pemerintah daerah dalam SPBE.

“Selamat datang kepada ibu Harini Pujiati selaku pimpinan rombongan, kita sama-sama belajar untuk menerapkan SPBE.  Computer Security  Insident Respon Team atau CSIRT merupakan bagian dari SPBE. Awal CSIRT adalah CISRT yang merupakan wadah dalam mencegah, menangkal, menangani dan memulihkan atas serangan siber. Ini bentuk layanan perlindungan media siber,” terangnya.

Lebih lanjut ungkap Kadis Suwarmawan, bahwasannya dinasnya selama ini sangat intens berkomunikasi  dan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Pusat  khususnya tentang keamanan siber.  “Penting kami jelaskan kewenangan CSIRT, manfaat terhadap informasi, salah satu tugas fungsinya pencegahan hoax di medsos, literasi keamanan data kepada masyarakat,”tegasnya.

Sementara itu, Kabid Persandian dan Statistik Dinas Kominfo Bondowoso Hariani Pujiati ditemui usai pertemuan mengatakan, alasannya melaksanakan studi komparasi ke Buleleng adalah untuk belajar, menggali  ilmu terkait regulasi-regulasi/draft Keputusan Bupati tentang CSIRT. Harapannya bisa mengadopsi langkah-langkah Kominfosanti Buleleng.

Komentar