Pemprov Bali Perkuat Tim SPBE Untuk Wujudkan Kemajuan Layanan Digital

JurnalPatroliNews – Denpasar,- Pemprov Bali melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik memperkuat Tim Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam upaya mewujudkan kemajuan layanan digital menuju Bali Smart Island. Salah satu langkah yang ditempuh dalam penguatan Tim SPBE adalah rekrutmen tenaga yang mahir di bidang mobile dan/ web developer, UI/UX Desain Grafis, Cloud Engineer dan Content Creator.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gede Pramana dalam siaran persnya Senin (Soma Paing Menail), 29 Agustus 2022 menginformasikan bahwa seleksi Tim Pengembangan SPBE telah dilaksanakan di Kantor Diskominfos Provinsi Bali pada tanggal 24-25 Agustus 2022. Lebih jauh ia menginformasikan, animo masyarakat untuk mengikuti seleksi sangat tinggi. Jumlah peserta yang memasukkan lamaran tercatat sebanyak 1.801 orang dan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 124 orang dan terbagi dalam empat bidang. Peserta yang lolos seleksi administrasi untuk bidang mobile dan/ web developer sebanyak 78 orang, 15 orang pada bidang UI/UX Desain Grafis dan untuk Cloud Engineer dan Content Creator masing-masing 11 dan 20 orang.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi telah mengikuti seleksi kompetensi pada 24-25 Agustus 2022. Pada hari pertama, Rabu (24/8/2022) diadakan seleksi kompetensi untuk bidang mobile dan/wed developer. Dari 78 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, yang hadir untuk mengikuti seleksi kompetensi sebanyak 45 pelamar. Lanjut pada hari kedua, Kamis (25/8/2022) dilaksanakan seleksi kompetensi untuk bidang UI/UX Desain Grafis, Cloud Engineer dan Content Creator dengan total peserta 79 orang. Seleksi kompetensi meliputi Tes Tulis, Praktek dan Demo Project. Dalam seleksi kompetensi ini Diskominfos Bali melibatkan Tim Seleksi Independen dari Universitas Udayana Bali.

Setelah melalui persaingan yang sangat ketat, tim seleksi mengumumkan hasil kelulusan, dimana 12 orang lulus pada bidang mobile dan/web developer, 1 orang pada bidang UI/UX Desain Grafis dan masing-masing 2 orang untuk bidang Cloud Engineer dan Content Creator.

Kadis Kominfos Gede Pramana mengatakan, tenaga hasil seleksi itu nantinya akan memperkuat Tim Pengembangan SPBE. Tim ini bertugas mempercepat kemajuan pembangunan layanan digital untuk meningkatkan kematangan Provinsi Bali dalam penyelenggaraan SPBE, baik dalam hal layanan, kebijakan dan tata kelolanya. Tim Pengembangan SPBE dibentuk melalui Surat Keputusan Gubernur Bali dan Surat Perjanjian Kerja.

Komentar