Dimulai Sejak Januari 2023, BKN Bawa Kabar Baik Buat Pensiunan PNS

JurnalPatroliNews – Jakarta – Saat ini sudah tersedia layanan kepegawaian digital bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Di dalam aplikasi ini, ASN dapat melakukan layanan dari mulai pendaftaran CASN hingga pengajuan pensiun. Pengajuan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui SIASN terbilang baru, baru dimulai sejak Januari 2023 lalu.

Selama ini pengajuan melalui SIASN hanya dapat dilakukan oleh calon pensiunan PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) saja. Namun, pada Kamis (23/2/2023) lalu Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan PT. Taspen menyepakati integrasi data sehingga SIASN juga dapat memberikan pelayanan Pensiun Janda/Duda.

Apabila penerima pensiun PNS meninggal dunia maka istri/suaminya dari PNS bersangkutan menerima pensiun janda/pensiun duda.

Direktur Pensiun PNS dan Pejabat Negara Anjaswari Dewi mengatakan selama ini usulan pengajuan pensiun Janda/Duda masih berupa berkas fisik. Namun dengan adanya integrasi ini maka mulai Maret 2023 mendatang pelayanan pengajuan Pensiun Janda/Duda dapat dilakukan secara online.

“Selama ini memang kita sudah integrasi terkait dengan SIASN, khususnya yang PNS aktif. Namun terkait dengan Janda Duda pensiunan ini belum terintegrasi sehingga selama ini usulan janda duda pensiunan itu masih berupa data-data atau berkas-berkas fisik,” terangnya, seperti dikutip dari unggahan resmi di instagram BKN @bkngoidofficial, Senin (27/2/2023).

Untuk memberikan kemudahan layanan bagi para penerima Pensiun Janda/Duda, maka BKN mengintegrasikan SIASN dengan sistem layanan milik PT. Taspen, yakni Taspen One Hour Online Service (TOOS). Adapun kemudahan yang diperoleh berupa waktu penetapan pensiun yang lebih cepat karena dilakukan melalui sistem yang terintegrasi antara BKN dengan PT. Taspen.

“Melalui integrasi TOOS dan SIASN ini diharapkan bahwa usulan pensiun dari PT.Taspen yang sebelumnya adalah dari yang bersangkutan disampaikan ke PT.Taspen dilakukan melalui digital dan paperless,” lanjutnya.

Untuk itu, bagi penerima pensiun yang ingin mengajukan pensiun Janda/Duda cukup mendatangi PT.Taspen untuk kemudian dibuatkan Surat Keputusan (SK). Nantinya SK tersebut akan diteruskan melalui TOOS yang telah terintegrasi dengan SIASN.

“Jadi penerima pensiun cukup datang ke PT. Taspen, dan nanti pencetakan SK (Surat Keputusan) dilakukan oleh PT. Taspen,” jelasnya.

Komentar