Dinas Perindagkop UKM Mitra Upayakan Rumah Kemasan Segera Beroperasi

JurnalPatroliNews – Ratahan – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Perindagkop UKM) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Eva Makaenas mengatakan, Rumah Kemasan terus diupayakan agar segera beroperasi.

Menurutnya, untuk persiapan pengoperasian rumah kemasan yang dibangun tahun 2018 lalu dengan bandrol Rp2,05 Miliar, pihaknya saat ini sementara menata bagian dalam bangunan dan melengkapi peralatan yang dibutuhkan.

“Bangunan dan peralatannya masih sementara dalam pengerjaan,” ungkap Eva Makaenas, Jumat (5/11/2021).

Namun diakuinya, untuk kelancaran pengoperasiannya agar bisa memberikan hasil maksimal bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), rumah kemasan memerlukan bahan baku, lebih khusus Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

“Ini yang paling penting karena walaupun bangunan sudah siap dan peralatan sudah lengkap, ketersediaan bahan baku dan operator yang berkompeten sangat penting,” katanya.

Adapun satu hal yang juga menjadi pertimbangan pihaknya adalah berkaitan dengan kebutuhan listrik dalam pengoperasian Rumah Kemasan tersebut.

“Sebab pengoperasian Rumah Kemasan ini membutuhkan daya yang cukup besar hingga 30 ribu watt,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya pada tahun 2022 telah mengusulkan penganggaran, baik pengadaan bahan baku hingga pelatihan bagi tenaga operator.

“Jika ini terwujud, maka kami targetkan Rumah Kemasan sudah bisa beroperasi tahun depan,” pungkasnya.

Sementara itu, kehadiran Rumah Kemasan dinilai penting bagi pelaku UMKM guna memberikan tampilan yang layak dan menarik dalam produk lokal mereka sehingga menopang dalam pemasarannya.

“Kami akan terus upayakan agar rumah kemasan segera difungsikan. Sebab selain membantu pelaku usaha, ini juga jadi sumber PAD,” tutupnya.

(Jenly Wenur)

Komentar