Dunia Sempat Dibuat Gempar, Aksi Jokowi Akan Stop Ekspor Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta,  – Meskipun belum ada keputusan finalnya, dunia sempat dibuat gempar oleh pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung akan menyetop ekspor mineral mentah termasuk diantaranya adalah timah.

Namun yang sudah pasti, pemerintah akan menyetop ekspor bauksit dimulai pada 11 Juni 2023 mendatang, bagi perusahaan yang belum membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter).

Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Dari pernyataan Presiden Jokowi soal penyetopan ekspor timah, menjadi salah satu indikasi Fitch Solution mengerek tinggi proyeksi harga timah dari US$ 20 ribu per ton menjadi US$ 25 ribu per ton pada tahun 2023 ini.

Fitch mencatat, perubahan proyeksi harga timah itu karena adanya sejumlah peraturan yang mengancam pasokan timah di pasar global. Sementara, permintaan China terhadap timah tetap rendah meskipun ekonomi Negeri Tirai Bambu itu sudah dibuka kembali pasca pandemi Covid-19.

“Di sisi lain, penambangan timah di wilayah Wa Myanmar dan larangan ekspor ingot timah Indonesia akan membuat pasar timah global lebih ketat di masa mendatang,” catatan Fitch Solution, dikutip Minggu (28/5/2023).

Komentar