Hadiri Peringatan HPS di Bangli, Wagub Bali Ingatkan Pentingnya Ketahanan Pangan

JurnalPatroliNews – Bangli,- Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan di Alun-Alun Kota Bangli, Selasa (Anggara Wage Sinta), 25 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kekuatan paling penting bagi sebuah negara adalah kemampuan untuk menyediakan bahan pangan bagi rakyat secara berkesinambungan. Ia menyebut, peringatan HPS adalah momentum yang tepat untuk mengingatkan hal tersebut.

Lebih jauh ia mengungkap, kemampuan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan pangan dapat dimulai dengan memberdayakan kelompok terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga. Oleh sebab itu, ia mendorong setiap keluarga memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong sebagai tempat budidaya komoditi bahan pangan lokal yang tak membutuhkan banyak tempat seperti cabai, sayur mayur dan beberapa jenis buah. Terlebih lagi, belakangan teknologi modern di bidang pertanian makin berkembang dan menawarkan banyak kemudahan dalam bercocok tanam.

“Banyak media tanam yang ditawarkan bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan pekarangan luas, contohnya hidroponik atau media tanam modern lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, upaya bercocok tanam merupakan sebuah alternatif mudah dan murah dalam menyediakan kebutuhan pangan skala kecil lingkup keluarga. Bahkan jika digarap serius dan hasilnya melimpah, kegiatan bercocok tanam ini bisa mendatangkan manfaat ekonomi. Lebih dari itu, pemanfaatan pekarangan juga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada komoditi pangan impor dan menjamin ketersediaan pangan daerah.

Pada bagian lain, ia menyambut baik penyelenggaraan HPS tingkat Provinsi Bali yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Bangli. Peringatan HPS diharapkan menjadi momentum peningkatan kesadaran seluruh komponen akan kebutuhan pangan sehingga jajaran pemerintah dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dapat menerapkan kebijakan di bidang pertanian yang mampu menjamin ketersediaan pangan untuk seluruh masyarakat.

 “Semoga HPS tahun ini menjadi momentum membangun kesadaran masyarakat untuk menjadi pahlawan pangan dan berkontribusi aktif dalam menjaga ketahanan pangan,” imbuh Wagub Cok Ace sembari menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang selama ini telah bersinergi, bekerja keras dan bersungguh-sungguh berjuang untuk kesejahteraan krama Bali.

Mengakhiri sambutannya, Wagub minta pemerintah kabupaten/kota melaksanakan program dan kegiatan sektor pertanian yang mampu mengangkat potensi pangan lokal yang beragam.

Komentar