6 Instansi Pemerintah Buka Lowongan Seleksi CPNS 2023, Ini Daftarnya..?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Jumlah instansi pemerintahan yang mengumumkan pembukaan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) kembali bertambah. Kini totalnya menjadi sebanyak enam instansi.

Perlu diingat, proses pendaftaran seleksi CASN, termasuk CPNS dan PPPK, itu akan serentak dibuka pada 17 September hingga 6 Oktober 2023. Total ada 78.862 formasi yang telah disiapkan pemerintah untuk proses rekrutmen pada tahun ini.

Berikut ini, daftar baru informasi lowongan CASN dari kementerian dan lembaga yang telah secara resmi mengumumkan kebutuhannya pada 2023:

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Kementerian ESDM resmi mengumukan jumlah kebutuhan calon aparatur sipil negara untuk 2023. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak 244.

“Kementerian ESDM membuka kesempatan sebanyak 244 Formasi (CPNS dan PPPK) di Tahun 2023 agar kamu dapat ikut berkarya di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral,” dikutip dari akun X Kementerian ESDM, Senin (11/9/2023).

Jumlah formasi itu terdiri dari kebutuhan untuk 4 CPNS dosen, lalu 190 PPPK teknis, dan 50 PPPK tenaga kesehatan atau nakes. Pembukaan pendaftaran bagi yang tertarik menjadi CASN sesuai dengan jadwal yang ditentukan Badan Kepagawain Negara (BKN).

2. KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah resmi mengumumkan kebutuhan formasi rekrutmen CPNS 2023. Jumlahnya sebanyak 214 formasi, sebagaimana tertera dalam laman rekrutmen.kpk.go.id.

“Persiapkan diri kalian. Penerimaan calon pegawai negeri sipil Komisi Pemberantasan Korupsi,” tulis keterangan dalam laman itu,” sebagaimana dikutip dari website rekrutmen KPK.

3. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkapkan, pihaknya membuka lowongan CASN pada tahun ini sebanyak 500 posisi dengan klasifikasi lulusan tingkat S3. Mekanisme rekrutmennya akan melalui proses berbasis kompetensi melalui https://manajementalenta.brin.go.id/.

“Di BRIN atas dukungan dari Kementerian PANRB tentu kami setiap tahun dan tahun ini juga insya Allah membukan 500 posisi dengan kualifikasi S3,” kata Laksana di Kantor Pusat BRIN, Jakarta.

4. Kementerian Hukum dan HAM

Melalui laman resminya cpns.kemenkumham.go.id, kementerian yang kini dipimpin Yasonna H. Laoly itu membuka lowongan CPNS sebanyak 1.015 formasi. Adapun untuk PPPK, Kemenkumham membuka 1.563 formasi.

Untuk informasi lebih lanjut, calon peserta dapat membuka laman kemenkumham, maupun memantau lewat media sosial resmi milik kementerian.

5. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung sudah bersiap-siap melakukan seleksi CASN 2024. Di laman biro kepegawaian Kejagung, Korps Adhyaksa meminta calon peserta untuk mencari informasi melalui laman biropeg.kejaksaan.go.id dan akun Instagram @biropegkejaksaan.

Untuk 2023, Kejaksaan Agung membuka lowongan untuk 7.846 formasi CPNS dan 249 PPPK.

6. Mahkamah Agung

Mahkamah Agung membuka lowongan CASN untuk 1.669 formasi. Ada dua jabatan yang dibuka di antaranya Ahli Pratama-Pranata Keadilan sebanyak 25 orang dan Klerek-Analis Perkara Peradilan sebanyak 1.664.

Komentar