Ada-ada Saja..! Wartawan Diminta Setop ‘Ngutil’ Suvenir Dari Pesawat Kepresidenan AS

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat, – Ada-ada saja ulah oknum wartawan saat menjalankan tugas jurnalistiknya di lapangan, terlebih saat mendampingi kunjungan Kepala Negara.

Seperti yang terjadi di Amerika Serikat (AS), sejumlah wartawan mendapat peringatan keras, untuk berhenti ‘mencuri’ barang-barang dari Air Force One, pesawat Kepresidenan AS.

Peringatan itu dikeluarkan, terkait dengan tradisi oknum wartawan mengambil ‘suvenir’ berupa piring dengan pinggiran emas, gelas, dan sarung bantal bermerek dari pesawat Kepresidenan AS.

Dilansir dari BBC dan The Telegraph, pada Senin (1/4/24), para oknum wartawan, selama bertahun-tahun, turun dari Air Force One dengan mengambil kenang-kenangan saat mereka mendampingi perjalanan Kepala Negara AS.

Air Force One sendiri digambarkan sebagai kantor Presiden di udara, yang dilengkapi dengan pusat medis, meja operasi dan ruang konferensi.

Kantor-kantor media, pada umumnya rela membayar para wartawannya, yang mencakup uang makan dan minum selama penerbangan, agar mereka bisa terbang dengan pesawat Pemerintah AS.

Secara resmi, ada 13 orang wartawan Gedung Putih yang mendampingi Presiden AS di dalam Air Force One, berhak atas sebungkus cokelat M&M, yang memiliki stempel Kepresidenan dan tanda tangan Pemimpin AS. Yang tidak termasuk dalam tanda terima kasih adalah sarung bantal, gelas wiski atau handuk.

“Selama bertahun-tahun, sejumlah jurnalis dan lainnya, telah secara diam-diam memasukkan segala sesuatu, mulai dari gelas wiski berukur, gelas wine, hingga barang apa pun yang berlogo Air Force One ke alam tas mereka sebelum turun dari pesawat,” demikian dilaporkan media terkemuka Politico, menyusul adanya penyelidikan terhadap masalah tersebut.

Hal yang menjadi titik toleransi terakhir bagi Asosiasi Koresponden Gedung Putih adalah, ketika pemeriksaan inventaris di Air Force One usai kunjungan Presiden Joe Biden ke pantai barat AS pada Februari lalu, didapati beberapa barang hilang, terutama di bagian untuk pers.

Sejumlah piring dengan pinggiran emas, gelas, dan sarung bantal bermerek, termasuk di antara barang-barang yang dilaporkan hilang dari Air Force One.

Komentar