Akhirnya! Pembakar Pesawat Susi Air Dan Penyandera Kapten Philips Ditangkap Satgas Damai Cartenz

JurnalPatroliNews – Papua – Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menangkap anggota Organisasi Papua Merdeka atau OPM pembakar pesawat Susi Air dan menyita senjata api disertai ratusan butir amunisi di wilayah Nduga, Papua Senin, 10 April 2023.

Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, yang dipimpin oleh Letkol Infanteri Rinto Wijaya, Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha dan Kapten Countri Aurora, serta Inspektur Polisi Dua (Ipda) Rajab Ilyas dan Ipda Krisna berhasil menguasai salah satu markas dari KKB wilayah Nduga dan menyita senjata api beserta ratusan butir amunisi.

“Barang Bukti (BB) yang diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan dari diduga anggota KKB wilayah Nduga yang telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri berinisial YL,” kata Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023 Komisaris Besar Era Adhinata dalam keterangan resmi, Selasa, 11 April 2023.

Era mengatakan YL merupakan salah satu pelaku pembakar pesawat dan penyandera pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens pada 7 Februari 2023. Sebelum peristiwa Susi Air, YL juga terlibat kejahatan lain, di antaranya pembakaran camp Dolarossa pada 2021, penyerangan terhadap TNI yonif Raider 700 di Mapenduma pada 2 Februari 2021, penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam Nduga pada 7 Juni 2022, dan dua hari sebelum insiden Susi Air, yakni pengancaman terhadap 15 pekerja pembangunan puskesmas di Distrik Paro pada 5 Februari 2023.

Komentar