Awalnya Mr.P Jadi Sorotan, Relawan Jokowi Mania Minta 10 Menteri Diganti, Ini Kata Jo-Man

JurnalPatroliNews – Jakarta, Relawan Jokowi Mania (Jo-Man) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) me-reshuffle 10 menteri. Jo-Man menganggap menteri-menteri ini pantas diganti karena memiliki kinerja buruk selama di Kabinet Indonesia Maju.
Jo-Man menyebut 10 nama menteri yang diminta diganti ini merupakan hasil survei via telepon. Namun metode surveinya tak dijabarkan secara lengkap. Ke-10 menteri itu adalah:

1. Mensesneg Pratikno
2. Menparekraf Wisnutama
3. Mendikbud Nadiem Makarim
4. Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil
5. Mentan Syahrul Yasin Limpo
6. Menteri KKP Edhy Prabowo
7. Menkominfo Jhony G Plate
8. Menkes dokter Terawan Agus Putranto
9. Menag Fachrul Razi
10. Menkumham Yasonna Laoly

Dari sepuluh nama menteri tersebut, yang paling disorot oleh Jo-Man adalah Mensesneg Pratikno. Sorotan ini terkait dengan permasalahan salah ketik UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang sudah ditandatangani oleh Jokowi.

“Kami Jokowi Mania begitu keras terhadap Pak Pratikno itu menjadi pertanyaan dan kami menjawab: Ya, Pratikno paling layak untuk hari ini di-reshuffle, paling layak bahkan untuk dipecat secara tidak hormat,” kata Ketua Umum Jo-Man Emmanuel Ebenezer dalam jumpa pers di Hotel Sunbreez, Senayan, Jaksel, Jumat (6/11).

“Karena lembaran negara, dokumen negara, bukan kertas belanja di pasar atau material yang mudah diklarifikasi kalau salah ketik, apalagi yang ini dokumentasi negara yang ditandatangani langsung oleh Presiden. Jadi kami sangat mengecam keras lah ini,” lanjutnya.

Beberapa waktu lalu, Emmanuel sempat menyebut menteri berinisial P yang disebutnya sibuk berpolitik dan berbisnis. Kini, ia mengatakan bahwa menteri P yang dimaksud adalah Pratikno.

“Berkaitan dengan Mr P yang disampaikan berapa hari lalu menjadi polemik di media sosial dan media mainstream, saya katakan Mr P itu adalah Pratikno. Sibuk berbisnis dan sibuk berpolitik. Saya tegaskan lagi Mr P yang selama ini saya sampaikan ke publik itu adalah Pratikno dan terbukti hari ini dia lalai berkaitan UU omnibus law,” jelasnya. Pratikno dan pihak Setneg sudah dimintai tanggapan soal pernyataan Jo-Man, namun belum merespons.

Selain Pratikno, nama selanjutnya yang didesak untuk diganti adalah Menparekraf Wishnutama. Emmanuel menyatakan bahwa Jokowi terlalu memberi ekspektasi tinggi kepada Wishnutama.

“Dia sosok yang punya kemampuan ide-ide seorang organizer, tapi ternyata di dalam pemerintahan kan beda. Harapan kami Wishnutama layak di-reshuffle. Di kementerian dan EO beda. EO itu hanya mampu mengisi konten panggung beda dengan kementerian. Jadi jangan anggap kementerian itu seperti di EO,” ungkapnya.

Menteri lainnya yang didesak mundur ialah Mendikbud Nadiem Makarim berkaitan dengan keluhan orang tua mengenai pembelajaran jarak jauh, Menkes Terawan berkaitan dengan penanganan Corona, dan Menkumham Yasonna Laoly berkaitan dengan kebijakan pembebasan narapidana saat pandemi Corona.

(*/lk)

Komentar