Bagi-Bagi Kartu Indonesia Pintar, Jokowi: Jangan Gunakan untuk Beli Pulsa!

JurnalPatroliNews – Magelang, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan bantuan dari Program Indonesia Pintar di Magelang pada Senin (22/1/24). Dalam pesannya kepada para siswa penerima kartu, Presiden menegaskan agar dana bantuan digunakan dengan bijak untuk keperluan pendidikan.

Untuk beli pulsa handphone? tidak boleh. Untuk beli handphone enggak boleh,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi secara tegas memperingatkan agar dana yang diterima oleh siswa tersebut digunakan sesuai dengan peruntukannya, yakni untuk pembelian buku, alat tulis, seragam sekolah, dan perlengkapan lainnya, termasuk sepatu.

Dalam Program Indonesia Pintar, bantuan yang diberikan kepada siswa Sekolah Dasar mencapai Rp 450 ribu per tahun. Sementara untuk siswa tingkat SMP, bantuan mencapai Rp 750 ribu per tahun, dan siswa tingkat SMA-SMK menerima bantuan sebesar Rp 1,8 juta per tahun.

Presiden juga menginformasikan bahwa siswa SMA-SMK yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat mengajukan perpindahan bantuan melalui program KIP Kuliah atau LPDP.

“Sudah ada 960 ribu siswa yang memanfaatkan KIP untuk kuliah. Jadi, bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, silakan ajukan,” ungkap Jokowi.

Penting untuk dicatat bahwa Jokowi telah mendistribusikan 18 juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar dari Aceh hingga Papua. Diharapkan jumlah tersebut dapat bertambah menjadi 18,6 juta pelajar pada tahun ini.

Komentar