Besok, Menlu China ‘Blusukan’ ke RI Temui Jokowi Hingga Luhut

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi dilaporkan melakukan rangkaian kunjungan ke Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 11-16 Januari 2020.

Dikutip Antara Beijing, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menyatakan lawatan ke beberapa negara ASEAN itu adalah untuk memenuhi undangan beberapa Menlu ASEAN.

Khusus untuk Indonesia, Wang akan bertolak menuju Indonesia atas undangan Menlu RI Retno LP Marsudi pada Selasa (12/1/2020). Pada hari itu, Wang akan menemui Retno dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Esok harinya, Rabu (13/1/2020), Wang akan melanjutkan lawatan kehormatannya untuk menemui Presiden Joko Widodo. Dari Jakarta, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan menlu kedua negara itu.

Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China pada April 2020 lalu. Namun karena pandemi, maka kunjungan tersebut baru dapat direalisasikan pada awal 2021.

Saat dikonfirmasi perihal kunjungan Wang Yi, Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah mengaku masih menunggu jadwal dan program final terkait kunjungan itu.

“Sejauh ini selain bilateral dengan menlu akan ada kunjungan ke Sumatra Utara dengan pak menko marvest,” ujarnya kepada CNBC Indonesia via pesan singkat.

CNBC Indonesia sudah mencoba mengonfirmasi terkait rencana Wang Yi berkunjung ke Sumut dengan Luhut. Namun, Juru Bicara Menko Marvest Jodi Mahardi belum memberi tanggapan hingga berita ini dibuat.

(cnbc)

Komentar