Brigjen TNI Prince Meyer Putong Lepas Satgas Operasi Pengamanan Pulau-pulau Kecil Terluar

JurnalPatroliNewsManado,– Brigjen TNI Prince Meyer Putong selaku Danrem 131/Santiago memimpin upacara pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar (Satgas Pam Puter) tahun 2020, bertempat di lapangan upacara Makorem 131/Santiago, Minggu (16/8/2020).

Sebanyak 86 prajurit mendapat kepercayaan untuk menjalankan tugas ini, di mana mereka akan dibagi menjadi dua tim untuk 2 lokasi penugasan.

Diketahui, Korem 131/Santiago memiliki 2 Kodim yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Kodim 1301/Sangihe dan Kodim 1312/Talaud.

Masing-masing Komandan Kodim (Dandim) bertugas sebagai Komandan Satgas (Dan Satgas), yaitu Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Cristanto SIP serta Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irwan Gubtarochman ST.

Usai pelaksanaan upacara, kepada awak media, Brigjen TNI Prince Meyer Putong mengatakan, pergantian tugas dilaksanakan secara berkala untuk menjaga kemampuan prajurit.

“Setiap 9 bulan dilaksanakan pergantian. Tugas mereka di sana yaitu mengamankan perbatasan, melakukan kegiatan pembinaan teritorial dan bekerja sama dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah dan Polri,” ujar Prince Putong.

Satgas Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar ini pun akan berangkat ke lokasi tugas tepat pada Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

Brigjen TNI Prince Meyer Putong pun berharap, penugasan ini akan berjalan dengan lancar sebagaimana tanggung jawab yang dipercayakan.

“Mudah-mudahan tugas kedepan ini bisa dilakukan dengan baik sebagai wujud menjalankan amanat kita dengan penuh tanggung jawab,” kata Prince.

(sri surya)