C – 130 J Tiba di RI, Jokowi : Pesawat Super Hercules Sangat Canggih

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan satu unit pesawat C – 130 J super hercules A – 1399 dari Amerika Serikat (AS). Pesawat tersebut langsung diserahkan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (6/3/2023).

Jokowi menyampaikan bahwa pesawat tersebut adalah satu dari total 5 unit yang didatangkan secara bertahap hingga Januari 2024. Jokowi memuji kecanggihan Super Hercules.

“Yang kita terima pada pagi hari ini pesawat yang sangat canggih dan saya sudah masuk bisa mengangkut kalau pasukan yang pakai komplit dengan parasut penerjun bisa 98, tapi kalau hanya pasukan bisa 128,” kata Jokowi.
Jokowi menyampaikan, pesawat ini bisa digunakan untuk operasi militer maupun non militer seperti bantuan pasca terjadinya bencana alam.

“Bisa menjangkau seluruh seluruh wilayah Indonesia karena pesawat super hercules ini bisa terbang 11 jam,” jelasnya.

Mengutip keterangan TNI Angkatan Udara, Pesawat angkut berat Super Hercules C-130J pesanan TNI AU tersebut diterbangkan dari pabriknya Lockheed Martin Aerospace, Georgia Amerika Serikat, pada 28 Februari 2023.

Pesawat mendarat sempurna di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta setelah menempuh 34 jam penerbangan.

Pesawat buatan Lokcheed Martin, AS tersebut, merupakan pesawat pertama dari lima pesawat pengadaan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI yang tertuang melalui kontrak pada bulan Agustus 2019 lalu.

Komentar