Demi Program Makan Siang Dan Susu Gratis, Prabowo Bakal Bentuk Kementerian Baru

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Demi bisa menjalankan program makan siang dan susu gratis yang diusung, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, jika resmi dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden, berencana akan membentuk Kementerian Koordinator (Kemenko) baru untuk mengurus hal tersebut.

Budiman Sudjatmiko, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN), bahkan menyebut, program makan siang dan susu gratis itu, akan langsung dijalankan secara bertahap nantinya.

Menurutnya, Kemenko baru perlu dibentuk. Pasalnya, Pemerintah harus melibatkan sejumlah Instansi seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian UMKM Koperasi, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan, untuk melaksanakan program itu.

“Prabowo‐Gibran merencanakan program ini akan dibangun dengan format kolaborasi para pemangku kepentingan di sektor industri pangan Nasional,” jelas Budiman dalam keterangannya, Rabu (21/2/24).

“Karena urgensi program, dan ini merupakan bagian dari program terbaik hasil cepat yang telah disampaikan oleh Prabowo-Gibran, sehingga memerlukan pendekatan khusus agar segera terlaksana, maka tidak tertutup kemungkinan dibentuk Kemenko khusus untuk program ini,” lanjutnya.

Melalui Kemenko baru ini, nantinya Pemerintah bisa mengembangkan konsep collaborative farming, yang tentunya melibatkan industri pangan untuk memenuhi kebutuhan program ini.

“Desa akan diandalkan sebagai basis produksi komoditi dan bahan pangan yang dibutuhkan, untuk menyediakan makan siang dan minum susu gratis,” jelas aktivis 98 ini.

Meski demikian, Budiman menegaskan, semua baru rencana dan masih harus terus dibahas terkait pembentukan Kemko baru, atau melihat opsi lain yang bisa menjalankan program makan siang dan susu gratis tersebut.

Komentar