Diskusi Ringan Sambil Makan Durian Mumpung Ketemu Presiden

Catatan: M. Syahrir

JurnalPatroliNews – Rabu sore (8/2) hp ku berdering. Kuangkat dari nomor yang tak kukenal, dan langsung menyapa dengan nada yang sopan. “Pak Syahrir, nanti malam  Pak Presiden ngajak makan durian bareng di  Bolang Durian bersama beberapa pimpinan media. Jam 20.30, Bapak diminta sudah hadir jam 19.30. Dresscode nya batik,” kata staff Protokol Kepresidenan mengenalkan diri. Dialog singkat inipun berujung dengan kesediaanku menghadiri momen spesial dan langka ini disela-sela rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023  di Sumut.

Malam itu di Si Bolang Durian, yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda tampak sudah disterilkan, walaupun disisi meja sebelah selatan masyarakat masih bisa menikmati durian  yang menjadi salah satu ikon Kota Medan.

Tak berselang lama, Presiden Jokowi yang mengenakan baju kaos sweater warna coklat  dipadu celana hitam tiba sembari menggandeng dua cucunya Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution yang merupakan anak dari pasangan Bobby Nasution (Walikota Medan) dan Kahiyang Ayu.

Dengan senyumnya yang khas, mantan Gubernur DKI ini berbaur dengan para pimpinan media terbitan di Sumatera Utara sambil menikmati durian lokal yang disuguhkan.

Tak ketinggalan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubsu Edy Rahmayadi,  Kapoldasu Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel, Walikota Medan Bobby Nasution dan sejumlah pejabat lainnya tanpa sungkan mencicipi  sambil bersenda gurau.

Suasana benar-benar santai. Tak ada kekakuan dan perlakuan khusus saat Kepala Negara menikmati durian khas Medan.

Dari meja satu pindah ke meja lain. Mulai  Pemred Harian Analisa Warjamil, Wapemred Waspada Teruna Jasa Said, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Wapemred SIB Anton Panggabean, Kepala TVRI Sumut Tachrizal, Kepala RRI Medan Agung Prasatya Rosihan Umar, Pemred Inspirasinews Sugiatmo, Pemred Mata Telinga dan para petinggi Forum Pemred disapanya satu persatu.

 “Saya suka durian yang kecil-kecil,” katanya saat berbincang di meja Ketua DKP PWI Sumut M. Syahrir bersama Pemred Sumut24 Rianto Agly, Pemred Waspada Online Austin Tumengkol, Kepala LKBN Antara Sumut Riza Mulyadi, Pemred Sumut Pos Asih Astuti, Pemred Mimbar Umum Jalaluddin.

Tak ada formalitas dan protap yang ketat, suasana ‘pesta durian’ pun berlangsung.

Harusnya kami yang menjamu Presiden dalam kapasitas warga Sumatera Utara sekaligus tuan rumah HPN. Tapi malah kebalikannya,  Presiden mempersilahkan kami menikmati durian yang disuguhkan.

Duduk semeja yang nyaris tak berjarak sambil tertawa dan  berkelakar seakan tak membedakan antara pemimpin dan rakyat dipertontonkan Presiden Jokowi. Sang tokoh ‘blusukan’ inipun berkenan berdiskusi ringan.

Komentar