Fit and Proper Test Calon Panglima Agus Subiyanto, Utut Adianto: Akan Di Gelar Pekan Depan!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Utut Adianto, Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDIP, mengatakan, rencana fit and proper test Jenderal TNI Agus Subiyanto, calon Panglima TNI baru, yang saat ini menjabat sebagai KASAD, akan segera digelar. Utut mengungkapkan, fit and proper test akan dilakukan Senin (13/11/23) pekan depan.

“Kalau desainnya rencananya Senin. Senin, itu tanggal 13 November. Rencana,” kata Utut kepada awak media di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/23).

Utut menyebutkan, rencana ini masih harus dibahas lebih lanjut. Hal itu, lanjut dia, karena kerja di DPR merupakan kerja bersama.

“Iya tadi rencananya, tapi inikan mesti intern lagi, jadi kepemimpinan di DPR ini kan kolektif kolegial, kami selaku pemimpin ya nanyai anggota,” ujar Utut.

Sebelumnya, Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI, menuturkan, Jenderal Agus Subiyanto akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan Panglima TNI pekan depan. kemudia, akan ditindaklanjuti oleh Badan Musyawarah (Bamus) pimpinan DPR, yang digelar minggu ini.

“Kalau Bamus belum. Tapi Bamus minggu ini. Jadi kalau nggak hari ini, besok, atau lusa, pokoknya minggu ini. Awal pekan depan kita langsung fit and proper,” tutur Meutya di gedung Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/23).

Dihadapan awak media, KASAD Agus Subiyanto, menyampaikan kesiapannya dalam menghadapi fit and proper test calon Panglima TNI. Dirinya telah mempersiapkan visi dan misinya sebagai calon Panglima TNI, dalam uji kepatutan dan kelayakan mendatang.

“Ya pasti ada ya, mungkin ada visi dan misi yang mungkin saya sampaikan. Tentunya untuk kebaikan TNI, bagaimana TNI di dalam, bagaimana tugas TNI dengan mengaplikasikan kepada masyarakat. Yang jelas lingkupnya untuk NKRI, sesuai tugas pokok kita TNI,” tukas Jenderal Agus di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/1123) kemarin.

Komentar