Gawaatt…!Omicron Sudah Masuk Indonesia, Kemenkes: 1 Petugas Wisma Atlet dan Ditemukan 5 Kasus Probable

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Seorang petugas pembersih Wisma Atlet berinisial N dikonfirmasi terinfeksi Omicron pada Rabu 15 Desember 2021. Hal ini di jelaskan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Menkes Budi juga menginformasi bahwa telah ditemukan lima kasus lainnya yang probable Omicron.

Informasi tersebut disampaikan Menkes Budi dalam Keterangan Pers yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (16/12/21).

Ia menambahkan, untuk lima orang tersebut dalam kondisi masih diduga dan belum pasti positif Omicron. Namun, Kemenkes telah melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus.

“Kita mendeteksi ada lima kasus yang probable Omicron. Dua kasus adalah warganegara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet,” tambahnya.

Selanjutnya, tiga orang yang probable terinfeksi Omicron lainnya adalah warganegara asing (WNA) yang berasal dari Tiongkok (China) dan datang ke Manado, Sulawesi Utara. Saat ini tiga WNA yang probable tersebut sedang diisolasi dikarantina Manado. Lima orang ini masih sifatnya probable karena baru di tes PCR dengan marker khusus.

“Sampel yang positif dari lima kasus probable ini sudah dikirim ke Badan Litbang Kesehatan dan sedang kita lakukan tes genome sequencingnya. Kita harapkan dalam tiga hari ke depan kita sudah bisa mengonfirmasikan apakah ini benar Omicron atau tidak,” pungkasnya.

Komentar