Hati-hati! Batu Meteorit di Lampung Masih Ada Radioaktifnya

JurnalPatroliNews – Jakarta, Sebuah batu yang ditemukan warga di Lampung ternyata memang merupakan batu luar angkasa. Hal ini dipastikan oleh tim peneliti Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Ada alasan besar mengapa para peneliti ITERA memastikan bahwa batu yang ditemukan di Dusun 5 Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah itu merupakan batu luar angkasa.

“Kita telah melihat batu yang jatuh ke rumah warga dan benar adanya batu tersebut adalah batu meteor sebab ada unsur logam di sana,” ujar Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK) ITERA, Robiatul Muztaba, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (30/1/2021).

Sample meteorit itu sendiri sudah dibawa ke laboratorium untuk penelitian lebih lanjut. Mengingat penelitian masih berjalan, warga diharapkan tidak menggunakan batu itu secara sewenang-wenang, termasuk mengkonsumsi air rendaman batu.

“Kandungan radioaktif akan kita teliti jangan sampai ada penyalahgunaan salah satunya dikonsumsi oleh masyarakat, dan Desa Astomulyo ini sangat beruntung karena mengalami fenomena jatuhnya meteor,” ujarnya

Sebelumnya warga Lampung sempat dihebohkan dengan bunyi dentuman. Terkait peristiwa itu, atap rumah warga di Lampung Selatan rusak akibat tertimpa batu meteorit. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (28/1) malam

“Memang ada batu di sana, sampai genteng pecah. Persis seperti di video yang disampaikan warga,” kata Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro saat dihubungi, Jumat (29/1/2021).

Dari gambar yang beredar, tampak batu tersebut berbentuk memanjang dan memiliki diameter terbesar sekitar 15-20 cm. Tampak batu tersebut menghitam di beberapa sisinya.

(cnbc)

Komentar