Impor Senjata dan Amunisi Sempat Disentil Jokowi, Ini Datayang Diimpor RI!

Sementara itu, berdasarkan negara asalnya, impor senjata dan amunisi periode Januari-Juni 2023 terbanyak dari Korea Selatan dengan nilai US$ 25 juta. Diikuti Tiongkok US$ 19,10 juta, Amerika Serikat US$ 15,06 juta, Afrika Selatan US$ 10,65 juta, dan Spanyol US$ 6 juta. Lainnya sebesar US$ 78,04 juta.

Sebagai informasi Presiden Jokowi melarang Kementerian Pertahanan dan Polri mengimpor senjata saat membuka acara penghargaan P3DN 2023 di Istora Senayan pada Rabu (15/3/2023). Menurut Jokowi industri dalam negeri sudah bisa memproduksi senjata.

“Kalau yang canggih-canggih, silakan. Kalau mau beli pesawat tempur, karena kita belum bisa. Kalau senjata, peluru, kita sudah bisa, apalagi hanya sepatu. Kenapa harus beli dari luar?” kata Jokowi saat itu.

Selain soal senjata, saat itu Jokowi juga menyoroti kebijakan TNI dan Polri yang kedapatan masih mengimpor seragam prajurit. Di sisi lain, ia juga menyoroti impor makanan bagi para prajurit. Informasi ini menurutnya dibisiki oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Komentar