IMS Selesai: Presiden Jokowi “Topping Off” Indoor Multifunction Stadium GBK

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi arena multifungsi tertutup paling besar di Indonesia dengan kapasitas 16.250 tempat duduk.

Presiden Jokowi melakukan topping off didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim dan pada sore hari ini topping off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno saya nyatakan telah selesai,” kata Presiden Jokowi di proyek pembangunan IMS Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan pembangunan arena multifungsi yang telah dilakukan sejak 2021 dengan luas 50.300 meter persegi ini menghabiskan anggaran Rp639 miliar.

Presiden Jokowi menegaskan pemerintah akan membangun berbagai fasilitas kelas dunia di Jakarta.

“Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas yang setara dengan kota-kota lain yang ada di dunia,” katanya.

Presiden menjelaskan IMS merupakan arena multifungsi berkapasitas besar yang bisa digunakan untuk gelaran olahraga ataupun pertunjukan seni dan budaya.

“Dan bisa berfungsi baik untuk ajang olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser musik dengan kapasitas sangat besar,” ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut menjelaskan bahwa IMS Gelora Bung Karno dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan sejumlah perusahaan BUMN karya sejak April 2021 dan ditargetkan selesai pada Juni 2023.

Erick Thohir menyebut pembangunan IMS menerapkan konsep teknologi hijau, dibangun dengan sistem 7D yakni dibangun secara Computer AI Analisys untuk pembangunan yang tepat sasaran.

“Ini akan digunakan pada bulan Juni untuk kejuaraan bola basket dunia, yang kita merupakan tuan rumah untuk pertama kalinya,” kata Erick Thohir.

Komentar