Ini Penjelasan Kemendikbud, Gaduh Soal Jenjang Pendidikan Gibran Rakabuming

JurnalPatroliNews – Jakarta – Latar belakang pendidikan Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto menjadi sorotan belakangan. Putra pertama Presiden Joko Widodo itu diisukan hanya menyelesaikan pendidikan setingkat SMA.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam memberikan keterangan mengenai hal itu. Menurut dia, Gibran mengantongi gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura.

Hal ini tertera dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Atas Nama Gibran Rakabuming Raka. Surat dengan nomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 itu menyatakan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana.

Lembar keputusan diteken oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019 lalu. Melalui keputusan ini, diketahui Gibran menamatkan studi di bidang Marketing.

Ijazahnya diterbitkan pada tanggal 14 November 2010 di Singapura. “Bachelor-nya dari Singapura. Dari penyetaraan tersebut, Mas Gibran sarjana dari Singapura,” kata Nizam kepada rekan media, dikutip Sabtu, 18 November 2023.

Komentar